Dark/Light Mode

DKI Buka Layanan Kesehatan Mental Gratis

Caleg Depresi Nggak Usah Malu Ya Berobat

Minggu, 18 Februari 2024 06:50 WIB
Direktur RSUD Taman Sari dr. Agus Ariyanto Haryoso. (Foto: Istimewa)
Direktur RSUD Taman Sari dr. Agus Ariyanto Haryoso. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka layanan pemeriksaan kesehatan fisik dan mental, gratis. Layanan ini antara lain ditujukan untuk para calon legislatif (caleg) yang mengalami depresi akibat Pemilu.

Pemilu 2024 telah usai. Petu­gas Pemilu, caleg dan tim sukses (timses) biasanya tak sedikit mengalami kelelahan fisik mau­pun mental. Bahkan, ada caleg mengalami tekanan mental be­rat, terutama yang kalah.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar), membuka layanan konsultasi gangguan kesehatan mental bagi para caleg, timses dan partisipan Pemilu 2024.

Baca juga : Rayo Vallecano Vs Real Madrid, Misi Amankan Kursi Puncak

Direktur RSUD Taman Sari dr. Agus Ariyanto Haryoso, MARS mengatakan, layanan ini merupakan arahan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta yang meminta seluruh fasilitas kesehatan menjadi rujukan ma­salah fisik dan mental bagi petu­gas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), caleg, timses caleg dan partisan Pemilu.

Dalam memberikan layanan ini, RSUD Taman Sari berkolab­orasi dengan RS Jiwa Soeharto Heerdjan Grogol dan Puskes­mas Taman Sari. Penyuluhan kesehatan jiwa gratis diberikan untuk 100 orang.

“Utamanya untuk KPPS, ca­leg, timses caleg dan partisan Pemilu. Untuk mendeteksi gang­guan jiwa, kami menggunakan alat canggih heart rate variability (HRV) test yang dimiliki RS Soeharto Heerdjan,” kata dr. Agus dalam keterangannya, Jumat (16/2/2024).

Baca juga : Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024, 2 Skuad Garuda Angkat Koper

Penyuluhan kesehatan jiwa ini biasanya dikenakan tarif Rp 250.000. Untuk pelayanan gratis akan digelar pada Selasa (20/2/2024). Warga yang ingin mendapat layanan tersebut agar mendaftar diri melalui link yang telah disediakan, yakni bit.ly/skriningjiwarsudtamansari.

“Melalui link itu sudah 50 orang mendaftar dari target 100 orang. Dari jumlah itu, 5 di antaranya terdaftar sebagai timses caleg,” ujarnya.

Untuk mencegah gangguan mental yang lebih berat, Agus mengimbau masyarakat tidak perlu malu atau takut terstigma dengan gangguan jiwa ringan. Bentuk gangguan jiwa ringan antara lain, cemas, insomnia, depresi, impulsif, moody, kelelahan, hilang minat, overthink­ing dan sebagainya.

Baca juga : KPK Bakal Evaluasi Gaji Petugas Rutan

“Segera datang ke ahli psiko­log atau psikiater baik se­cara online atau offline sebagai bentuk self love. Tujuannya agar tidak masuk ke gangguan jiwa yang lebih berat yang dapat mengancam jiwa,” terangnya.

Kepala Seksi Pelayanan Me­dis dan Keperawatan RSUD Taman Sari, Ngabila Salama menambahkan, selain layanan uji stress gratis pada Selasa (20/2/2024), pihaknya mem­buka layanan konsultasi setiap Senin-Sabtu mulai pukul 12.00-21.00 WIB.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.