Dark/Light Mode

34 Ruas Jalan Terendam

Jakarta Banjir, Tapi Tidak Heboh

Jumat, 1 Maret 2024 08:20 WIB
Pengendara menerobos banjir yang menggenangi ruas jalan R. Suprapto Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (29/2/2024). (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Pengendara menerobos banjir yang menggenangi ruas jalan R. Suprapto Cempaka Putih, Jakarta, Kamis (29/2/2024). (Foto: Rizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Heru bersama jajaranya meninjau rumah pompa yang berada di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Ia pun menyebut, hujan dua hari berturut-turut menyebabkan kenaikan muka air di Stasiun Pompa Air yang normalnya sekitar 80 cm menjadi 141 cm.

Ia pun berencana menambah pompa air di Kali Sunter untuk mengurangi beban air dan alirannya yang masuk ke Kali Ancol. Dia berharap, rencana ini bisa masuk ke dalam susunan dan anggaran program pada 2025 mendatang.

“Jadi, evaluasinya 2025 nanti ditambahkan (pompa air) di Kali Sunter ya,” kata Heru Budi, Kamis (29/2/2024).

Baca juga : Alhamdulillah, Harga Beras Mulai Turun

Ia pun memastikan, banjir yang sebelumnya mengepung sebagian wilayah Jakarta kini sudah mulai surut, seperti yang terjadi di kawasan Kelapa Gading. “Tadi pak Wali Kota Jakarta Utara juga melapor kalau Kelapa Gading sudah surut,” tuturnya.

Meskipun Jakarta banjir lagi, Heru tak dapat banjir kritik dari politisi. Hal ini berbeda ketika Jakarta masih dipimpin Anies Baswedan. Tiap banjir, Anies langsung panen kritik dan cibiran dari para lawan politiknya.

Kalau di dunia nyata Heru sepi kritik, tidak demikian dengan di dunia maya. Banyak warganet yang menyampaikan kritik kepada Heru atas banjir yang melanda Jakarta.

Baca juga : Presiden Joko Widodo Groundbreaking BRI International Microfinance Center Seluas 13 Ribu Meter Persegi Di Ibu Kota Nusantara

“Ancol banjir, PJ gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mana kerjanya,” cuit akun @opposite6892. “Jakarta hari ini, banjir di Cempaka Putih dan Kelapa Gading, Heru Budi lagi apa? Kangen sama cuitan kader PSI euy pas Jakarta banjir,” tulis @5t3v3n_P3g3L.

“Cuma mau kasih tau ke PSI. Kelapa Gading banjir nih. Kenapa saat gubernurnya Anies dibully abis-abisan,” timpal @rohta_julian. “Jakarta tanpa Anies adem ya? Banjir Dimana-mana nggak ada yang teriak. Warga Kampung Bayam sengsara nggak ada yang teriak. Hancurin pedestrian terus dibangun lagi juga nggak ada yang teriak. Yang mau teriak juga nanti dibilang nyinyir,” sindir @dapitnih.

Politikus Partai Demokrat, Jansen Sitindaon ikut mengomentari kondisi banjir yang merendam DKI Jakarta. Lewat media sosial X @jansen_jsp, Jansen, Ia tak segan memuji Anies Baswedan dan membandingkannya dengan kinerja Heru Budi. “Dulu di zaman mas Anies sudah sempat bebas dari banjir,” kicaunya.

Baca juga : Badaruddin Andi Picunang: Makan Gratis Bagus Kenapa Harus Dikritisi

Dulu di era Anies, kata Jansen, jika curah hujan tinggi berhari-hari, termasuk saat dapat kiriman air, bentuknya cuma genangan dan itupun juga cepat surut. “Sekarang curah hujan biasa saja sudah banjir lagi,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 1 Maret 2024 dengan judul 34 Ruas Jalan Terendam, Jakarta Banjir, Tapi Tidak Heboh

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.