Dark/Light Mode

Ditinggal Jutaan Warganya Mudik

Volume Sampah DKI Turun

Kamis, 18 April 2024 06:50 WIB
Petugas Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta sedang memilah sampah saat membersihkan Sodetan Kalibata, Jalan Menara Air, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024). (Foto: IG/UPSBADANAIRDLHDKI)
Petugas Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta sedang memilah sampah saat membersihkan Sodetan Kalibata, Jalan Menara Air, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024). (Foto: IG/UPSBADANAIRDLHDKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Volume sampah di Jakarta turun saat libur hari raya Idul Fitri 2024. Hal ini terjadi karena banyak warga mudik ke kampung halaman.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengungkapkan, pada H-7 Lebaran, tonase sampah yang dihasilkan mencapai 8.000 ton per hari. Nah di hari H Lebaran, tonase sampah harian menu­run, tidak lebih dari 3 ribu ton.

“Pada hari pertama Lebaran volume sampah yang diangkut pihaknya sebanyak 2.610,14 ton. Dan, pada hari kedua sebanyak 2.987,82 ton,” kata Asep.

Baca juga : Indonesia Vs Australia, Garuda Muda Siap Terkam Kanguru

Asep menyebut, selama periode tujuh hari sebelum (H-7) hingga hari kedua Lebaran 2024 atau Kamis (11/4/2024), pihaknya mengangkut 66.615,84 ton sampah dari seluruh wilayah di Jakarta.

Asep memprediksi tonase sampah akan naik lagi usai H+7. Karena pengangkutan sampah dari rumah warga ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang sempat dihentikan sementara, akan kembali dilakukan. Selain itu, pemudik sudah kembali ke Jakarta.

Kepala Suku Dinas (Sudin) LH Jakarta Selatan (Jaksel) Mo­hamad Amin mengungkapkan, produksi sampah di Jaksel sela­ma libur Lebaran 2024 menurun sebanyak 500 ton per hari. Pada hari biasa Jaksel menghasilkan sebanyak 1.500 ton sampah.

Baca juga : Nadal Hempaskan Cobolli

“Penyumbang sampah ter­banyak selama libur Lebaran adalah Kecamatan Kebayoran Lama,” ungkap Amin, Selasa (16/4/2024).

Amin mengatakan, penurunan volume sampah di Jaksel terse­but karena banyak warga yang mudik sehingga produksinya berkurang cukup banyak.

Meski begitu, lanjut Amin, pihaknya menyiagakan 1.200 petugas selama libur Lebaran yang disebar di 10 kecamatan.

Baca juga : Hari Ini, Delegasi Bisnis China Tiba Di Jakarta

“Sedangkan jumlah armada pengangkutan sampah ke Tem­pat Pengolahan Sampah Terpadu Bantar Gebang sebanyak 334 kendaraan,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.