Dark/Light Mode

Setiap Hari Terjadi 6 Kali Kebakaran Di Jakarta

Gulkarmat Kewalahan Hadapi Si Jago Merah

Selasa, 21 Mei 2024 06:50 WIB
Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan.  (Foto: Gulkarmat DKI Jakarta)
Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan. (Foto: Gulkarmat DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta kewalahan menghadapi amukan si jago merah alias kebakaran. Sebab jumlah personel minim, sementara musibah itu terjadi sedikitnya enam kali dalam sehari.

Dinas Gulkarmat DKI Jakarta mencatat sepanjang 2023 terjadi 2.286 kebakaran. Itu artinya, jika dibagi rata-rata, setiap hari terjadi sedikitnya enam kali kebakaran.

Dari ribuan kejadian tersebut, beberapa kasus kebakaran ber­skala besar hingga menyebab­kan banyak bangunan hangus dan menimbulkan korban jiwa. Salah satu contohnya kebakaran di pemukiman padat penduduk di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat pada Senin (18/12/2023). Dalam musibah ini, 14 rumah terbakar, satu orang tewas dan delapan orang mengalami luka-luka.

Meluasnya dampak keba­karan ini antara lain disebabkan minimnya sarana dan prasarana serta personel pemadam keba­karan (damkar).

Baca juga : Verstappen Diibaratkan Usyk

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengakui, pihaknya masih kekurangan personel untuk mengedukasi pencegahan dan pemadaman kebakaran, khususnya di wilayah padat penduduk.

Kekurangan personel ini, di­ungkapkan Satriadi, menyebab­kan petugas damkar kewalahan.

“Anak-anak tuh capeknya luar biasa. Karena biasanya, satu unit itu enam orang, ini cuma dia­wasi oleh dua atau tiga orang,” kata Satriadi.

Untuk mengatasi masalah itu, pihaknya akhirnya membentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) untuk memberikan edukasi hingga membantu petu­gas damkar tangani kebakaran.

Baca juga : Soraya Rasyid, Selingkuhan Andrew Andika?

Gembleng Redkar

Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Jakarta Barat (Jakbar) telah merealisasikan pembentukan Redkar.

“Kami telah mengadakan pembentukan dan pembinaan Redkar setiap kelurahan di wilayah Jakarta Barat,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sudin Gulkarmat Jakbar, Pur­waninggati, Kamis (16/5/2024).

Purwaninggati menyebut, pembentukan Redkar sudah dilakukan di 56 kelurahan. Dan pada setiap kelurahan terdapat 30 anggota Redkar.

Baca juga : BUMN Ikut Aktif Bangkitkan Ekonomi Dan Olahraga Nasional

Setiap Redkar, lanjut Pur­waninggati, telah mendapatkan pembinaan dan pelatihan terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Menurutnya, Redkar akan hadir dan mem­bantu petugas Damkar ketika terjadi kebakaran.

Hal serupa dilakukan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara (Jakut). Kepala Seksi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakut dan Kepu­lauan Seribu, Eko Budianto mengatakan, sebanyak 30 warga di RW 06, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakut su­dah mengikuti pelatihan Redkar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.