Dark/Light Mode

Marriage Is A Life Journey (3)

Senin, 14 Januari 2019 20:07 WIB
Imam Shamsi Ali (Foto: Istimewa)
Imam Shamsi Ali (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Bahwa dalam perjalanan ini hubungan keluarga terus ditumbuh suburkan bukan lagi karena faktor-faktor eksternal yang umumnya mengalami perubahan. Tapi yang terpenting karena dorongan hati yang dalam berbasis “ridho Allah”. Kedelapan, bahwa pernikahan itu adalah a journey of civilization atau perjalanan hidup dalam berperadaban.

Sebagaimana disebutkan pada bagian pertama tulisan ini bahwa hidup itu adalah institusi. Dan bagian pertama yang terbangun dalam institusi hidup manusia adalah “pernikahan”. Karenanya ketika berbicara tentang kehidupan peradaban maka pernikahan adalah awal dari terbangunnya fondasi peradaban manusia.

Baca juga : Kereta Bandara Soetta Kini Jadi Sepi Penumpang

Di sinilah kita melihat bagaimana Islam memberikan perhatian kepada keluarga. Dari proses mencari pasangan hingga kepada bagaimana menjaga keluarga dari kehancuran (neraka). Karena keluarga adalah miniatur peradaban manusia.

Di masyarakat yang mengalami banyak “broken home” pastinya adalah juga masyarakat yang berada di ambang kehancurannya (broken society).

Baca juga : Jalanan Becek Dan Bau Saat Pembersihan Kali Pisang Batu

Jika kita melihat dunia Barat, dari aspek ekonomi, politik, bahkan militer nampak tidak mengalami masalah (krisis). Tapi masyarakat Barat boleh jadi berada di ambang kehancurannya. Tentu salah satunya karena institusi keluarga semakin rentang mengalami degradasi dengan ragam konsep dan gaya hidup (life style) yang jelas mengancam insititusi pernikahan yang “morally and naturally recognized” (diakui secara moral dan alami).

Saya tidak perlu memberikan uraian secara detail tentang ancaman itu. Tapi sudah menjadi maklumat umum bahwa pernikahan di Dunia Barat tidak lagi dilihat sebagai sesuatu yang mendasar dalam hidup manusia. Bukan sesuatu yang penting dalam membangun institusi hidup menuju kepada peradaban itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.