Dark/Light Mode

Pamit ke Anies, Dubes AS: Kami Tak Punya Kepentingan pada Prediksi Cuaca DKI

Kamis, 9 Januari 2020 17:19 WIB
Joseph R Donovan saat menemui Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (9/1). (Foto: Marula Sardi/RM)
Joseph R Donovan saat menemui Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (9/1). (Foto: Marula Sardi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan menyambangi Balai Kota DKI dan bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (9/1). Donovan datang untuk mengklarifikasi peringatan cuaca yang dikeluarkan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) pada Senin (6/1).         

“Bersama Gubernur, kami berbicara mengenai cuaca dan kesalahan terjemahan pengumuman perkiraan cuaca Kedutaan Besar AS yang dikeluarkan beberapa hari yang lalu,” kata Donovan.        

Donovan menegaskan, Kedutaan Besar AS tidak berkepentingan dengan prediksi cuaca di Indonesia. Termasuk di Jakarta. ”Dan saya ingin meyakinkan Anda semua, bahwa Kedutaan Besar Amerika Serikat tidak dalam posisi bisnis prediksi cuaca di Indonesia, di Jakarta. Terima kasih,” ujarnya.        

Baca juga : Puncak Arus Mudik Tahun Baru 2020 Diprediksi Terjadi Hari Ini

Seusai pertemuan tersebut, Donovan pamit kepada Anies karena masa tugasnya sebagai Dubes AS untuk Indonesia telah selesai. Ia berterima kasih atas segala kerja sama dan persahabatan yang telah terjalin selama tiga tahun bersama Gubernur DKI Jakarta. 

“Pak Gubernur, terima kasih banyak untuk semua kerja sama dan persahabatan selama tiga tahun ini. Saya sangat menghargai semuanya,” ungkapnya.        

Anies mengatakan, pertemuan dengan Dubes AS telah dijadwalkan tiga minggu lalu. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan perpisahan karena Donovan akan kembali ke Amerika Serikat seiring tugasnya telah selesai di Jakarta. 

Baca juga : Main Kaca Mata, El Real Ketinggalan Dua Poin Dari Barca

“Kebetulan kemarin ada pengumuman yang disalah pengertian. Karena menulisnya beda antara kata through dan on. Seperti saya jawab kemarin kan. Kemarin, saya menjelaskan kepada mereka (wartawan), bahwa prediksi Kedubes AS sama persis dengan yang ditulis oleh BMKG kami,” kata Anies.       

Anies secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Joseph atas pengabdiannya selama tiga tahun di Indonesia. Selama ini, Donovan telah menjadi jembatan persahabatan bagi Indonesia dan Amerika.

“Beliau ini sangat fokus pada anak-anak muda yang terlihat pertukaran pelajar baik program kebudayaan maupun pendidikan serta program yang menyangkut antar masyarakat. Saya tadi menyampaikan komitmen beliau itu luar biasa. Tidak hanya itu, Ibu Dubes itu sangat aktif. Rumah beliau selalu dibuka kepada anak-anak yang mengikuti program pertukaran. Saya sering diundang bicara kepada anak-anak disana. Jadi saya sampaikan kepada beliau, tiga tahun rasanya cepat sekali, tahu-tahu sudah akan pulang dan kita akan jaga hubungan sehingga bisa komunikasi,” ungkap Anies.       

Baca juga : Kunjungi Aceh, Dubes Malaysia Perkuat Kerja Sama Pariwisata

Anies mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut juga membicarakan mengenai kesiapan Pemprov DKI dalam menghadapi bencana banjir. “Iya kita ngobrol soal itu. Dijelaskan seperti yang ada dan dipresentasikan,” terang Anies. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.