Dark/Light Mode

Peduli Korban Banjir, Pertamina Foundation Kunjungi Desa Tanjung Burung, Tangerang

Jumat, 10 Januari 2020 11:48 WIB
Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S Asngari (tengah, kiri) saat memberikan bantuan kepada korban banjir di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Jumat (10/1). (Foto: Humas Pertamina)
Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S Asngari (tengah, kiri) saat memberikan bantuan kepada korban banjir di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Jumat (10/1). (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina Foundation kembali peduli korban banjir dengan mengunjungi Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang untuk memberi bantuan makanan sehat balita dan perlengkapan sekolah anak-anak.

Hujan deras sepanjang malam tahun baru yang mengguyur Jabodetabek, menyisakan banjir berkepanjangan di Kecamatan Teluknaga.

Setiap tahun, Desa Tanjung Burung memang menjadi langganan banjir. Namun, luapan sungai Cisadane pada awal tahun ini melebihi tahun-tahun sebelumnya.

Sedikitnya 135 Kepala Keluarga (KK) warga RT 13/RW 07 Kampung Cirumpak, salah satu dusun dari Desa Tanjung Burung, hingga saat ini masih terendam air dengan ketinggian mencapai lutut kaki orang dewasa. Asal tahu saja, ketinggian awal banjir mencapai 1 meter.

Baca juga : Peduli Korban Banjir, Pertamina Foundation Kunjungi Ciledug Indah

Letak Desa Tanjung Burung berjarak kurang lebih 10 km dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Perjalanan menuju lokasi, ditempuh melalui medan jalan sempit dan tergenang air berlumpur, yang hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat.

Di sepanjang jalan, tampak ibu-ibu yang hanya duduk-duduk sambil membersihkan perabotan. Juga anak-anak yang belum kembali bersekolah. Mereka asik bermain genangan air.

Tradisi warga Cirumpak yang tidak pernah mau mengungsi, masih dipertahankan sampai sekarang. Hal ini disampaikan Mandra, Ketua RW Kampung Cirumpak. "Warga tetap bertahan di rumah, karena sudah terbiasa banjir setiap tahunnya”.

Namun, banjir tahun ini yang tidak kunjung surut menimbulkan permasalahan kesehatan. Banyak warga RT13/RW07 yang mengeluh gatal pada kulit, luka sulit sembuh, dan kesulitan air bersih. Seperti yang dialami korban banjir bernama Munah.

Baca juga : Bersihkan Sisa Banjir, Petugas Gabungan Karya Bakti Massal di Tangerang

“Terima kasih Pertamina Foundation telah membantu. Tapi mohon jika ada, kami diberi juga salep obat gatal-gatal untuk kaki saya dan cucu saya ini.” ujar Munah, warga RT13/RW07, Kampung Cirumpak.

Dalam kerumunan ibu-ibu dan anak-anak, Presiden Direktur Pertamina Foundation memberikan pesan agar para warga menjaga kesehatan, dan anak-anak dapat segera kembali bersekolah.

"Dengan bantuan ini, adik-adik harus rajin sekolahnya” begitu pesan Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari.

Bantuan yang telah diberikan berupa peralatan sekolah untuk anak-anak, serta bantuan makanan sehat dan perlengkapan balita.

Baca juga : Kunjungi Korban Banjir di Cengkareng, Erick Thohir Tanya Kebutuhan Warga

Melihat kondisi warga pada saat kunjungan, Pertamina Foundation akan mengirimkan kembali bantuan, berupa obat-obatan untuk penyakit kulit dan diare. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.