Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemprov DKI Targetin Pembebasan Lahan Normalisasi Ciliwung Kelar April

Senin, 13 Januari 2020 21:26 WIB
Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI, Juaini Yusuf. (Foto: ist)
Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI, Juaini Yusuf. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung dan sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur selesai April.

“Pembebasan lahan untuk sodetan dilaksanakan Kementerian. Pemprov sebagai fasilitator. Semua pembayaran dilakukan oleh Kementerian PUPR,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Juaini Yusuf di Jakarta, Senin (13/1).

Baca juga : Diperintah Jokowi Lanjutkan Normalisasi Sungai, Anies Malah Lempar ke PUPR

Sedangkan pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung dilaksanakan oleh Pemprov. Saat ini sudah ada 118 lahan yang akan dibebaskan dengan nilai Rp160 miliar. Pembebasan ini lahan ini menggunakan APBD 2020.

Terkait pembebasan sodetan, lanjut Juaini, Gubernur Anies Baswedan telah membentuk tim persiapan pengadaan tanah berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1744 tahun 2019 tentang Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Administrasi Jakarta Timur.

Baca juga : Pemprov DKI Lelet Bebaskan Lahan, Normalisasi Ciliwung Tahun Ini Cuma 1,5 Km

Dalam Kepgub tersebut tertuliskan diketuai oleh Asisten Pemerintah Sekda DKI dan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi DKI Jakarta. Tim tersebut memiliki sejumlah tugas yakni melaksanakan pemberitahuan rencana pembangunan, melaksanakan pendataan awal lokasi rencana pembangunan, dan melaksanakan konsultasi publik rencana pembangunan.

Kemudian, menyiapkan penetapan lokasi pembangunan, mengumumkan penetapan lokasi pembangunan serta melaksanakan tugas lain yang terkait persiapan pengadaan tanah bagi pembangunan sodetan Kali Ciliwung di Kelurahan Bidara Cina. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.