Dark/Light Mode

Setelah 15 Tahun Beroperasi

Gerai Centro Di Plaza Semanggi Tutup

Sabtu, 2 Februari 2019 05:24 WIB
Gerai Centro di Jakarta kini tak beroperasi lagi. (Foto : istimewa)
Gerai Centro di Jakarta kini tak beroperasi lagi. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerai Centro di Plaza Semanggi, Jakarta Pusat tutup. Perusahaan ritel asal Malaysia ini, harus mengakhiri 15 tahun masa operasionalnya karena sepi. Menambah panjang daftar toko-toko besar yang tutup pada 2018 hingga awal 2019.

Menjelang sore, Indra terlihat kebingungan. Wajahnya terpaku. Gerai toko yang ditujunya, sepi sekali. Tidak ada aktivitas apapun. Seluruh gerai ditutup rapat. Tidak ada sela sedikitpun. Karyawan toko juga tidak ada satupun yang datang. “Kok tutup, ya?” heran Indra, Kamis lalu (30/1).

Indra lantas bertanya ke penjaga toko di sebelahnya. "Sudah tutup sejak 1 Januari,” jawab Susan, salah satu penjaga toko. Tak lama kemudian, pria ini beranjak pergi.

Baca juga : Sekjen PSSI : Tidak Ada Yang Kami Tutupi

Gerai Centro berada di lantai Under Ground (UG) Plaza Semanggi, Jakarta Pusat. Letaknya di tengah-tengah. Dari tempat parkir, bisa naik eskalator atau lift. Untuk eskalator tidak semua dioperasikan. Hanya sebagian yang bisa digunakan. Sejauh mata memandang, deretan toko berdiri di setiap lantai. Ada food court, toko sepatu, mainan hingga makanan cepat saji. Tak banyak orang datang. Hanya terlihat satu atau dua orang yang hilir mudik, sambil berbincang satu dengan yang lain. Sebagian besar pengunjung hanya melihat-lihat. Jarang sekali yang berbelanja. Sejumlah karyawan berdiri di depan toko untuk menarik pengunjung. Mereka menawarkan barang dagangannya. Namun sama saja, pengunjung ogah mampir. Tak patah arang, karyawan terus menawarkan barang dagangannya.

Setelah naik eskalator dua lantai, tiba di lantai UG. Lokasinya cukup jauh. Harus menyusuri lorong sejauh 100 meter. Di kanan dan kiri berdiri deretan toko. Ukurannya berbeda-beda. Ada yang kecil, juga banyak yang besar. Tapi, sebagian besar tutup. Tak lama kemudian, sampai di gerai Centro.

Ukurannya sangat luas. Sekitar 5000 meter persegi. Seluruh gerai ditutup triplek. Triplek dilapisi dengan berbagai gambar. Cukup menarik pengunjung. Seperti, gambar jendela, pintu hingga gambar kartun. Bervariasinya gambar, membuat semarak suasana gerai.

Baca juga : Setelah 100 Tahun, Koleksi Batik Raja Thailand Dipamerkan

Seakan-akan toko tidak tutup. Namun demikian, sudah tidak ada lagi logo Centro. Yang tersisa hanya papan Centro yang terpasang di atas plafon. Belum dilepas. Pasalnya, nama gerai menjadi satu dengan petunjuk toko lain. Karena tertutup rapat, sehingga tidak bisa diketahui kondisi di dalamnya. Sehingga, tidak diketahui, barang-barang di dalamnya sudah dipindah atau belum. “Kayaknya sudah dipindah,” ujar salah satu petugas keamanan yang enggan disebutkan namanya.

Di depan gerai terdapat taman kecil. Isinya, kursi panjang dan berbagai pohon dari plastik. Tepat di depannya terdapat tulisan “Lets Gong Xi”. Ucapan tersebut dalam rangka menyambut Tahun Baru China, yang akan jatuh pada 5 Februari 2019. Beberapa pengunjung menyempatkan diri untuk berfoto-foto di taman itu.

Pengunjung bernama Indra mengaku kaget karena Centro di Plaza Semanggi tutup. Sebab, sebulan lalu masih buka. Tidak terlihat ada tanda-tanda akan tutup. Pembeli juga cukup banyak. “Sepatunya bagus. Harganya terjangkau,” ucap Indra.

Baca juga : Wow Keren, Indonesia Peringkat Ke-6 Negara Terindah Dunia

Apalagi, kata Indra, gerai Centro di Plaza Semanggi merupakan satu-satunya di Jakarta. Lokasi gerai terdekat lainnya berada di Depok, Tangerang, Bekasi, dan Tangerang Selatan. Marketing Communication Manager Plaza Semanggi, Febby Syam membenarkan, sewa gerai Centro Department Store bera- khir pada 31 Desember 2018. Saat ini, Centro masih dalam proses loading out. “Nantinya, lokasi bekas Centro akan diisi Matahari Department Store,” ujar Febby. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :