Dark/Light Mode

PSBB DKI Mulai Jumat Besok, Cuma 8 Sektor Ini Yang Boleh Beroperasi

Rabu, 8 April 2020 06:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan menutup seluruh aktivitas perkantoran dan kegiatan bisnis di ibu kota, pasca diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Jumat (10/4) besok.

Kebijakan ini ditempuh untuk mengendalikan wabah Covid-19 di Jakarta, yang kasarnya menyumbang separuh dari total kasus positif Corona di Indonesia.

Dalam pidatonya di Balai Kota pada Selasa (7/4) malam, Anies menyebut hanya ada 8 sektor yang diperkenankan tetap beroperasi. Inilah 8 sektor yang dimaksud:

1. Sektor kesehatan. Di sektor ini, bukan hanya RS atau klinik yang boleh buka. Tetapi juga berbagai industri kesehatan, yang antara lain memproduksi sabun dan disinfektan.

Baca juga : PSBB Berlaku Jumat, Angkutan Umum Pangkas Kapasitas Penumpang dan Jam Operasi

2. Sektor pangan, yang meliputi penyediaan makanan dan minuman.

3. Sektor energi, meliputi air listrik, gas, dan pompa bensin.

4. Sektor komunikasi. Mulai dari jasa komunikasi sampai media komunikasi.

5. Sektor keuangan dan perbankan, termasuk pasar modal.

Baca juga : Mulai Jumat Besok, DKI Haramkan Kumpul-kumpul Lebih Dari 5 Orang

6. Sektor logistik, yang mencakup distribusi barang. 

7. Sektor yang memenuhi kebutuhan harian warga. Termasuk, berbagai usaha ritel seperti warung dan kelontong yang melayani kebutuhan warga.

8. Sektor industri strategis di ibu kota.

Anies juga menyampaikan, organisasi sosial yang menangani wabah Covid-19 bisa tetap berjalan seperti biasa. Misalnya, lembaga pengelola zakat, pengelola bantuan sosial atau organisasi non profit di bidang kesehatan, yang terkait penanganan Covid-19.

Baca juga : PSBB DKI Efektif Jumat Besok, Anies Minta Masyarakat Patuh

"Semua kegiatan yang masih diperkenankan beroperasi, harus mengikuti protap penangangan Covid-19. Wajib physical distancing, pakai masker, ada fasilitas cuci tangan yang mudah, dan rutin cuci mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," papar Anies. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.