Dark/Light Mode

PSBB DKI Efektif Jumat Besok, Anies Minta Masyarakat Patuh

Selasa, 7 April 2020 21:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) di ibu kota akan berlaku mulai Jumat (10/4) besok.

"PSBB berlaku mulai Jumat 10 April ini. Sosialisasi kita lakukan Rabu dan Kamis ini," ungkap Anies usai rapat bersama pihak terkait di Balai Kota, Selasa (7/4) malam.

Baca juga : Rumuskan Open Banking, BI Minta Masukan Perbankan Dan Fintech

Anies menyebut, selama tiga pekan ini, Jakarta sudah melaksanakan pembatasan-pembatasan yang diatur dalam PSBB. Mulai dari menghentikan kegiatan perkantoran, kegiatan pendidikan di sekolah, sampai kegiatan di rumah ibadah.

Selain itu, DKI juga telah melakukan pembatasan transportasi. Untuk tanggal 10 April nanti, yang diutamakan adalah komponen penegakkan. Dalam hal ini, PSBB memiliki kekuatan yang mengikat.

Baca juga : 9 Positif, Walkot Bekasi: Masyarakat Jangan Panik...

"Utamanya pada penegakkan, karena akan disusun peraturan yang punya kekuatan mengikat kepada warga untuk mengikuti," tegas Anies.

Dia meminta seluruh warga ibu kota mematuhi aturan PSBB ini. "Pembatasan harus ditaati. Ketaatan kita akan sangat mempengaruhi upaya pengendalian virus ini," imbau Anies.

Baca juga : Penumpang Numpuk, Kebijakan Anies Batasi Armada Transjakarta-MRT Kacau

Anies kemudian membeberkan, semua fasilitas umum di Jakarta bakal ditutup. Baik milik pemerintah, maupun milik masyarakat. "Taman, balai pertemuan, ruang RPTRA, gedung olahraga, museum, semuanya tutup," tegas Anies.

Namun, Anies memastikan, pelayanan pemerintahan akan jalan terus. "Jakarta adalah kota pusat kegiatan perekonomian di Indonesia. Karena itu, kami pastikan, tiga sektor utama tetap berfungsi. Yakni, Pemprov DKI, Kepolisian, dan TNI. Tiga hal ini berjalan seperti biasa," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.