Dark/Light Mode

Mulai Besok, Wisma Atlet Kemayoran Jadi RS Darurat Corona

Jumat, 20 Maret 2020 17:02 WIB
Wisma Atlet Kemayoran. (Foto: Istimewa)
Wisma Atlet Kemayoran. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain menggelar rapid test, pemerintah juga sedang mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung, yaitu rumah isolasi dan rumah sakit.

Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat Covid-19. "Dan juga sebagai rumah isolasi pada nanti Sabtu malam, 21 Maret 2020," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/3).

Baca juga : Jokowi Ingin Wisma Atlet dan Hotel Milik BUMN DiJadikan RS Darurat Corona

Selain itu, Pulau Sebaru dan Pulau Galang yang juga disiapkan menjadi ruang karantina dan isolasi akan segera selesai pembangunannya. "Untuk Pulau Galang akan selesai dibangun pada Sabtu, 28 Maret 2020," bebernya.

Selain itu, kapasitas rumah sakit rujukan akan terus ditingkatkan dan ditambah. Baik dari sisi ruang, peralatan, obat, dan sumber daya manusia (SDM).

Baca juga : Ini Langkah Setjen MPR Cegah Penyebaran Virus Corona

"Rumah sakit TNI, rumah sakit Polri, dan rumah sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan jadi rumah sakit Covid-19. Rumah sakit swasta juga akan diajak serta untuk berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya," ungkap eks Wali Kota Solo ini.

Sementara di daerah, pemerintah sudah menyiapkan rumah sakit. Kalau isolasi di rumah sakit tak mencukupi, gedung-gedung disiapkan untuk karantina.

Baca juga : Ayo Menteri Pengusaha Jadi Pioner Lawan Corona

Penyiapan gedung-gedung untuk karantina atau isolasi itu sudah disampaikan Presiden Jokowi kepada Mendagri Tito Karnavian. "Saya rasa daerah punya tempat-tempat diklat yang banyak. Itu saya rasa bisa dipakai untuk plan ke-2, ke-3," tambahnya.

"Saya akan menggerakkan semua kekuatan pemerintah, negara, dan bangsa untuk mengatasi kesulitan ini. Baik itu permasalahan kesehatan dan sosial ekonomi yang mengikutinya," pungkas Jokowi. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.