Dark/Light Mode

Pertama, Operasi Penyemprotan Disinfektan PMI Berskala Besar Berjalan Lancar

Senin, 13 April 2020 15:25 WIB
Pertama, Operasi Penyemprotan Disinfektan PMI Berskala Besar Berjalan Lancar

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan operasi penyemprotan disinfektan berskala besar di wilayah DKI Jakarta (Jabodetabek) dengan memanfaatkan momen Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku di wilayah DKI Jakarta.

Penyemprotan tersebut dilakukan selama 14 jam nonstop, dengan melibatkan personel TNI serta relawan PMI yang bekerja dua shift.

Setidaknya, PMI mengerahkan 10 mobil gunner kapasitas 5.000 liter untuk melakukan penyiraman disinfektan secara masif. Setiap armada mobil gunner didampingi 1 mobil tangki, yang berfungsi melakukan pengisian ulang disinfektan. Sehingga, penyemprotan bisa dilakukan secara efisien.

Berita Terkait : Besok, PMI Lakukan Penyemprotan Disinfektan Besar-Besaran di Jakarta

Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said mengungkapkan, operasi penyemprotan ini memanfaatkan momen jalan yang mulai lengang karena pemberlakuan PSBB. 

Program disinfeksi ini menyasar rumah-rumah, bangunan dan bagian bangunan yang kadang bersentuhan dengan manusia, sehingga ditengarai menjadi tempat berlabuhnya virus.

“Jadi, operasi penyemprotan secara besar-besaran ini kami lakukan, dengan memanfaatkan momen diberlakukannya PSBB. Sehingga, jalan-jalan menjadi lengang, dan memudahkan petugas untuk melakukan penyemprotan," papar Sudirman, saat memantau pemberangkatan armada penyemprot PMI di lokasi gudang darurat PMI di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/4).

Berita Terkait : Lawan Covid-19, Syarif Hasan Semprot Disinfektan di 6 Kecamatan Kota Bogor

Menurutnya, operasi penyemprotan ini akan berlangsung secara terus menerus dalam rangka melakukan sterilisasi kota. Sebagaimana dilakukan di beberapa negara yang terkena pandemik Covid-19.

“Operasi ini akan kita lakukan secara terus menerus, yang diistilahkan oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla sebagai program sterilisasi kota, yang banyak dilakukan di negara negara lain yang terjangkit Covid-19," lanjut Sudirman.

Terkait hal ini, Komite Operasi Penanganan Covid-19 PMI Husain Abdullah mengatakan, operasi penyemprotan akan berlangsung secara dua tahap.

Berita Terkait : Selama PSBB, Bus Yang Penumpangnya Melebihi Aturan, Tidak Diberangkatkan

Tahap I dimulai dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Tahap II dimulai dari pukul 4 sore hingga pukul 10 malam. 

Tahap I akan menyisir daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Sedangkan tahap II meliputi wilayah Jakarta Timur, Utara dan Barat.
 Selanjutnya