Dark/Light Mode

WHO: Penyemprotan Disinfektan Ke Manusia Berbahaya

Senin, 30 Maret 2020 11:27 WIB
Ilustrasi bilik disinfektan. (Foto: Humas Pemprov Sumut)
Ilustrasi bilik disinfektan. (Foto: Humas Pemprov Sumut)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca maraknya virus corona, semua orang dan instansi belomba-lomba menyemprotkan disinfektan untuk menekan penyebaran virus asal Wuhan, China itu. Bahkan, banyak gedung dan perkantoran yang membuat bilik (chamber) untuk menyemprotkan disinfektan ke tubuh orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) melalui akun Twitternya, @WHOIndonesia mengingatkan, penyemprotan desinfektan ke tubuh manusia sangat berbahaya. Hal ini terkait dengan kandungan dalam disinfektan yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga : Pandemi Corona, 3 Orangutan Dipindahkan Ke Bukit Kubang

"Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir, contohnya mata dan mulut," tulis cuitnya seperti dikutip RMco, Senin (30/3).

Bahan kimia yang dimaksud adalah Alkohol atau klorin. Menurut WHO, menyemprot alkohol atau klorin tidak pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh manusia.

Baca juga : Pertamina Edukasikan Hidup Bersih dan Semprotkan Disinfektan 5 Masjid di Surabaya

Justru, kata WHO, menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir seperti mata dan mulut. Menurut WHO, alkohol atau klorin berguna sebagai disinfektan pada permukaan, namun harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.