Dark/Light Mode

Awasi Penyaluran, Pemkot Tangsel Gandeng Kejari

Airin: Dana Kelurahan Harus Tepat Sasaran

Sabtu, 9 Februari 2019 06:42 WIB
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (Foto:Istimewa)
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (Foto:Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PENERAPAN dana kelurahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal dikawal langsung oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi forum pembinaan Camat dan Lurah serta Sekretaris Kelurahan se Kota Tangsel di Soll Marina Hotel, Serpong Utara, Kamis (31/1).

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam sambutannya mengatakan, peningkatan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan daerah secara menyeluruh pada lingkup Pemkot Tangsel sangat diperlukan dalam menjaga keseimbangan gerak dan arah pembangunan mulai dari tingkat pemerintah kota, kecamatan, sampai tingkat kelurahan.

Menyikapi paradigma tugas dan peran Camat dan Lurah tesebut, kata Airin, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain Camat dan Lurah harus mampu menguasai dan memahami konsep dasar dan peraturan perundang-undangan tentang pemerintahan, yang didukung dengan penguasaan yang sama ter- hadap ilmu dan peraturan perundang-undangan tentang bidang-bidang pemerintahan lainnya.

Baca juga : Indra Sjafri Yakin Ezra Walian Mampu

“Camat dan Lurah harus mampu mengenali serta merespon secara cepat dan tepat setiap permasalahan dan perubahan kondisi masyarakat yang ada di wilayahnya. Juga harus mampu menjaga dan meningkatkan koordinasi pemerintahan, baik dengan internal pemerintah daerah maupun dengan eksternal pemerintahan,” bebernya.

Dengan peningkatan kualitas Camat dan Lurah yang akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pembangunan dan kemasyarakatan kepada rakyat di wilayahnya, akan mampu meningkatkan kualitas kehidupan bagi rakyat Tangsel keseluruhan. “Apalagi ada dana kelurahan yang mulai bisa digunakan tahun ini. Kami berharap agar dana kelurahan dapat teserap secara merata dan tepat sasaran. Lurah dan Camat adalah garda terdepan pembangunan,” jelas Airin.

Dikatakan Airin, dana kelurahan yang diperkirakan bakal dicairkan tahun 2019 ini. “Saya hanya mengingatkan dan menegaskan masalah dana desa atau kelurahan yang bakal dicairkan pemerintah pusat dalam tahun 2019 ini, ” tambah Airin.

Baca juga : KPK Telusuri Aliran Dana Ke Wakil Bupati

“Ikuti sesuai aturan dan perundangan yang berlaku dalam menggunakan dana desa atau kelurahan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Tidak itu saja tapi juga tidak mudah terpengaruh dengan godaan dari mana pun juga kaitan pemanfaatan dana tersebut,” tambah Airin.

Menurut dia, dana tersebut diperuntukan untuk pembangunan yang merata dan tepat sasaran di masyarakat bukan untuk yang lain. “Dana setiap kelurahan diperkirakan mencapai Rp 300 juta/kelurahan di Kota Tangsel untuk 54 kelurahan dan tujuh kecamatan,” katanya.

Dalam kegiatan ini, Pemkot Tangsel menggundang Kejari Tangsel, sehingga para Camat, Lurah dan Sekretaris Kelurahan bisa bertanya terkait implementasi dana kelurahan ini. “Pahami regulasi hukum, waktunya tempat untuk bertanya, menyampaikan apa saja dana kelurahan. Semoga pendamping ini berjalan dengan maksimal, program kegiatan yang langsung menyentuh ma- syarakat, Lurah menjadi kuasa pengguna angga- ran,” ujarnya.

Baca juga : Kasihan, Keluarga Korban Lion Air Tak Dapat Asuransi

Sementara itu, Kepala Kejari Tangsel Bima Suprayoga mengatakan bahwa 54 Lurah dan 7 Camat harus berusaha agar dana kelurahan bisa terserap dan harus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. “Kami menghimbau jika ada yang meminta uang atas nama kejaksaan atau pribadi lainnya bisa dilaporkan. Jangan takut dan jangan ragu. Jika ada yang mengancam segera laporkan. Kami pun akan membantu mengawal agar tetap terarah dan tidak diganggu oleh orang yang tidak bertang- gung jawab,” jelasnya.

Menurutnya, adanya Jaksa sebagai sahabat Lurah, Kejari akan membimbing dan mengarahkan dengan baik. Dana tersebut tidak besar dan tidak kecil tapi harus dipertanggungjawabkan. Harus tepat sasaran, tepat waktu, tepat mutu dan tepat pertanggungjawabkan. [rls/dm]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.