Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Covid-19, GNR Jakarta Utara Perketat Mobilitas Orang dan Barang

Selasa, 19 Mei 2020 13:45 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di lingkungan apartemen, Gugus Tugas percepatan Penanganan Covid-19, Apartemen Gading Nias Residences (GNR), Jakarta Utara memberlakukan aturan yang ketat terhadap mobilitas orang dan barang yang masuk di kawasan tersebut.

Menurut Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Bonar Tarihoran, Apartemen GNR, sebagai hunian vertikal yang cukup padat dengan aktivitas dan mobilitas warganya, memiliki risiko penularan Covid-19 di lingkungan apartemen yang sangat besar.

Karena itu, jika tidak ingin menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, maka penegakan aturan harus dijalankan secara konsisten.

Baca juga : Cegah Covid-19, Trump Minum Pil Kina

“Kunci utamanya dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di apartemen adalah kesadaran seluruh stakeholders di apartemen dan mengikuti aturan khusus pencegahan Covid-19. "Kami bersyukur, di GNR ini sebagian besar warganya punya kesadaran yang tinggi dalam menjalankan aturan,” kata Bonar, yang ditemui di GNR, Selasa, (19/5).

Bonar mengatakan, peraturan yang buat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 GNR secara umum sesuai yang digariskan oleh Pemprov DKI. Namun dalam pelaksanaannya, sesuaikan dengan kondisi kehidupan di apartemen.

Saat ini, kawasan apartemen yang dikelola oleh Inner City Management (ICM) itu masih berstatus zona aman. Beberapa aturan tersebut, antara lain: Setiap orang yang berada di kawasan GNR wajib pakai masker, tetap atur jarak (physical distancing) dan tidak berkumpul, pengukuran suhu tubuh saat masuk lobby, beli makanan harus take away dan tidak diperkenankan ada meja dan kursi di kios-kios makanan.

Baca juga : Atasi Covid-19, Macan Kemayoran Salurkan Donasi Hasil Galang Dana

“Selain itu, salah satu kebijakan penting kami adalah, semasa pandemi Covid-19 ini para agen properti dilarang menyewakan unit atau moratorium (penghentian sementara) dalam waktu apapun.Sekarang ada OTG (orang tanpa gejala) dan kami tidak mau kecolongan,” ungkap Bonar.

Untuk pengiriman barang lewat online, ungkap Bonar, juga awasi secara ketat. Kurir yang mengantar barang diwajibkan memakai masker dan dicek suhunya.

Untuk memastikan aturan-aturannya dijalankan, Apartment Manager GNR Hambali mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 GNR (terdiri-dari pengurus PPPSRS, karyawan Badan Pengelola, dan pengurus RT/RW) melakukan sweeping keliling secara rutin.

Baca juga : Alhamdulillah, 48 RW Jakarta Utara Sembuh Covid

“Kami juga terus berkoordinasi dengan pemeritah setempat dan petugas kesehatan. Kami bersyukur, karena pemerintah kita sudah menyiapkan langkah-langkah siapa dan melakukan apa?” ujarnya.

Sesuai dengan bidangnya, kata Hambali, Puskesmas, Kecamatan, Polsek, Koramil, dan masyarakat harus bekerja sama, semua itu sudah diatur oleh pemerintah. Misalnya kalau di GNR yang berpenghuni 9.000 jiwa ada yang terpapar, mereka sudah tahu tahapan yang harus dilakukan.

Baik Bonar maupun Hambali berharap, secepatnya pademi Covid-19 ini dikalahkan dengan kerja sama seluruh kompenan masyarakat. Mereka bahu membahu dalam memerangi masuknya virus ini di kawasan GNR.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.