Dark/Light Mode

Lawan Covid-19, Sandiaga Dan Rhoma Ajak Rakyat Siap Hadapi New Normal

Selasa, 12 Mei 2020 21:37 WIB
Sandiaga Uno saat diskusi online dengan Rhoma Irama. (Foto: ist)
Sandiaga Uno saat diskusi online dengan Rhoma Irama. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi virus corona atau Covid-19 mengubah tatanan dunia, termasuk Indonesia. Terkait hal tersebut, Sandiaga Uno mengajak seluruh masyarakat, khususnya kalangan muda untuk siap menghadapi 'new normal' atau realitas baru pasca pandemi virus Corona.

Hal tersebut disampaikan Sandi-sapaan Sandiaga Uno-saat berbincang dengan Rhoma Irama dalam live facebooknya, @sandiaga salahuddin uno pada Selasa (12/5) petang.

Dipaparkannya, masyarakat harus terbiasa dengan realitas baru dalam kehidupan. Tidak hanya menjaga diri dari virus corona, tetapi juga rutinitas dalam dunia kerja. 

"Masyarakat kita harus sudah mulai terbiasa dengan The New Normal, jadi setiap hendak keluar rumah menggunakan masker, selalu mencuci tangan, menjaga kebersihan," ujar Sandi. "Dunia kerja juga begitu, transisi yang selama pandemi ini harus disikapi dengan adaptasi, khususnya generasi muda," tambahnya.

Baca juga : Terkait Covid-19, HNW Minta Komnas HAM Tak Tendensius Terhadap Umat Islam

Transisi realitas baru itu dibuktikannya selama 60 hari terakhir dirinya bersama keluarga mengurung diri di rumah. Seluruh hal, mulai dari bekerja hingga bakti sosial dilakukannya di rumah. Begitu juga dengan ibadah selama Bulan Suci Ramadan yang  seluruhnya dilakukan di rumah.

"Di bulan Ramadan selama pandemi Covid-19 ini kita harus menjalankan di rumah kegiatan seperti teraweh dan sholat Jumat di rumah. Tapi yakinlah badai pasti berlalu," tutur putra Mien Uno ini.

Hal serupa disampaikan oleh Rhoma Irama. Sang Raja Dangdut itu mengungkapkan terdapat sisi positif di balik kelamnya pandemi virus corona. 

Yakni, terbangunnya sisi kemanusiaan masyarakat.  Perilaku gotong royong dan saling tolong menolong katanya terus tumbuh di masyarakat. 

Baca juga : Sidang Oposisi, Erdogan Rombak Para Hakim

"Banyak yang terkena PHK massal tapi ingatlah masih banyak jalan menuju Roma. Kita harus kreatif secara positif dan karya kita bermanfaat untuk sesama," ungkap Rhoma Irama. "Misalkan bermusik dari rumah dan hasil donasi bersama disumbangkan untuk masyarakat miskin terdampak covid-19," imbuhnya.

Bakti sosial itu dilakukan pria berusia 73 tahun itu lewat konser di rumah bertajuk 'Rhoma Irama Musik Amal Dari Rumah' pada Sabtu 25 April 2020 lalu.

Dalam kegiatan amal tersebut, dirinya berhasil menggalang dana hingga sebesar Rp 1 Miliar.

"Bermusik dari rumah ditujukan untuk sumbangan terkena Covid-19. Ada efek kemanusiaan yang bisa disumbangkan untuk orang banyak," tutur Rhoma. Pandemi Covid-19 pun tidak menjadi halangan  baginya menciptakan lagu. 

Baca juga : Berhasil Atasi Covid-19, China Dapat Ucapan Selamat dari Kim Jong-unĀ 

Rhoma menciptakan lagu berjudul Virus Corona. Menurut dia, tujuan penciptaan lagu itu untuk memberi semangat. "Di akhir (lagu) hanya ikhtiar dan doa yang bisa membebaskan dari Corona," selorohnya.

Lewat lagu tersebut, Rhoma Irama pun mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan ketakwaan di bulan Ramadhan. Selain itu tetap mengedepankan protokol kesehatan agar pandemi virus corona bisa segera berakhir. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.