Dark/Light Mode

Lebih Aman Dan Tanpa Biaya

Warga Diminta Tes Corona Mandiri Via Fitur JakCLM

Selasa, 14 Juli 2020 07:24 WIB
Ilustrasi test Corona. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi test Corona. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk melakukan tes mandiri Covid-19, DPRD DKI Jakarta mengajak warga Ibu Kota memanfaatkan fitur Corona Likelihood Metric (JakCLM) pada aplikasi JAKI (JakArta Kini).

Layanan aplikasi ini memudahkan warga melakukan skrining mandiri, guna mengukur kemungkinan positif Covid-19 atau tidak. Sehingga bisa mengetahui, langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Baca juga : Dorong Pemanfaatan Transaksi Digital, Bank Mandiri Hadirkan Kantor Cabang Modern Edukatif

“Aplikasi ini sangat bagus dite rapkan bagi warga yang ingin men deteksi Covid19 secara mandiri,” ujar Anggota Komisi E DPRD DKI Solikhah, di Jakarta. Dia mengapresiasi upaya Pemprov DKI melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mendiagnosis Covid19, setelah melewati tes CLM dalam aplikasi JaKI. “Yang penting pemerintah terus hadir mengedukasi warga, untuk terus bersama melawan Covid,” pungkasnya.

CLM bekerja menggunakan teknologi berbasis machine learning. Teknologi ini bukan bukan hanya dapat merekomen dasikan hal yang harus dilakukan individu yang ikut tes. Tapi juga menilai kelayakan mereka untuk ikut tes PCR. Pertanyaan dalam cek mandiri ini diberi bobot dan terus dihitung hingga tes selesai.

Baca juga : Fadli Colek Ibu Menlu

CLM juga membaca riwayat data kasus Covid-19 milik Dinkes DKI Jakarta, sebagai pertimbangan hasil tes yang dijalankan. Sehingga di akhir tes, warga akan mendapat skor berdasarkan jawaban, status kasus Orang Dalam Pengawasan/ Pasien Dalam Pengawasan/Orang Tanpa Gejala berdasarkan data kasus Covid-19 dari Dinkes.

Bahkan tes PCR di fasilitas kesehatan (faskes) terdekat bisa dijadwal kan jika mencapai skor tertentu. Aplikasi ini bisa dengan mudah diakses melalui JAKI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.