Dark/Light Mode

Jumlah Tes PCR di Jakarta Sudah 4 Kali Lipat Standar WHO

Kamis, 30 Juli 2020 18:17 WIB
Ilustrasi swab test atau tes PCR (Foto: RSCM Kencana)
Ilustrasi swab test atau tes PCR (Foto: RSCM Kencana)

 Sebelumnya 
Hari ini, Jakarta mencatat penambahan kasus positif sebanyak 299. Jumlah kasus aktif di Jakarta saat ini ada 7.147 kasus (orang yang masih dirawat/isolasi). Sedangkan, jumlah kasus konfirmasi secara total di Jakarta pada hari ini, mencapai 20.769 kasus.

Dari jumlah tersebut, 12.801 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 821 orang meninggal dunia.

Baca juga : Mau Jadi Pengusaha Sukses, Ini Tips Dari Sandiaga Uno

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif dalam sepekan terakhir, Jakarta mencatat angka 6,5 persen. Hampir mendekati standar WHO, yang besarnya 5 persen. Secara nasional, positivity rate di Indonesia adalah 13,6 persen.

Persentase kasus positif ini hanya bisa dianggap valid, bila standar jumlah tes yang dilakukan telah terpenuhi. Bila jumlah tesnya sedikit (tidak memenuhi standar WHO), maka indikator persentase kasus positif patut diragukan.

Baca juga : Tujuh Tips Aman di Angkutan Umum Saat Pandemi

Selama vaksin belum tersedia, maka penularan wabah harus dicegah bersama-sama dengan disiplin menegakkan pembatasan sosial dan protokol kesehatan. Upayakan tetap tinggal di rumah dan tidak keluar, bila tidak ada keperluan mendesak. Jangan lupa jalankan 3M: memakai masker dengan benar, Menjaga jarak aman 1,5 - 2 meter, dan Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin.

Seluruh kegiatan yang diizinkan beroperasi harus dalam kapasitas maksimal 50 persen, dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Ingatkan sesama untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Garuda Ngeluh Tes PCR Lebih Mahal Daripada Tiket

Pemprov DKI Jakarta juga masih membuka kesempatan untuk masyarakat, yang ingin berbagi dengan sesama yang membutuhkan bantuan karena terdampak pandemi COVID-19 dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB.

Masyarakat dapat memberikan bantuan berupa bahan pangan pokok, makanan siap saji, hingga uang tunai. Informasi lengkap seputar KSBB dapat melalui situs https://corona.jakarta.go.id/kolaborasi. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.