Dark/Light Mode

Ini Protokol Shalat Id di Tengah Pandemi

Persingkat Khutbah, Dilarang Salaman Dan Bawa Sajadah Sendiri

Kamis, 30 Juli 2020 22:03 WIB
Ilustrasi shalat di Tengah Pandemi Covid-19. (Foto : Istimewa)
Ilustrasi shalat di Tengah Pandemi Covid-19. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah berlangsung di tengah pandemi corona Covid-19. Shalat Idul Adha pun disarankan dilakukan di rumah masing-masing.

Meski demikian, jikapun dilakukan di Masjid atau lapangan, maka harus menerapkan sejumlah protokol kesehatan.

Berikut protokol kesehatan dari Pemprov DKI Jakarta untuk shalat Id besok pagi, Jumat (31/7).

Bagi jamaah, pastikan jamaah sehat dan selalu pakai masker. Selanjutnya, membawa alat shalat seperti sajadah sendiri.

Baca juga : Pertamina Gelar Workshop Kewirausahaan Gratis Untuk Ribuan UMKM

Kemudian, jamaah disarankan sering cuci tangan dan tidak bersalaman atau cipika-cipiki apalagi berpelukan dengan jamaah lain.

"Anak-anak, lansia, dan orang yang sakit sebaiknya shalat di rumah. Dan jaga jarak 1 meter," tulis protokol shalat Idul Adha yang dibagikan Pemprov DKI Jakarta.

Bagi pengelola Masjid, shalat Id hanya dilakukan di zona hijau. Siapkan pengawas protokol kesehatan, dan pengelola diwajibkan membersihkan area shalat Id dengan disinfektan.

Selanjutnya, batasi area salat dengan jarak minimal 1 meter dengan tanda khusus. Batasi juga akses keluar masuk dan pemeriksaan suhu tubuh di pintu akses masuk.

Baca juga : AP II Optimistis Penerbangan Bakal Recovery Tahun Depan

Pengelola harus menyediakan sabun cuci tangan dan tempatnya, serta hand sanitizer di pintu masuk dan keluar.

"Tidak mengedarkan kotak amal karena berpindah-pindah tangan, rawan tertular. Serta mempersingkat shalat dan khutbah sesuai rukun."

Sebelumnya, Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spritual DKI Jakarta Hendra Hidayat menyarankan masyarakat di 33 RW zona merah DKI Jakarta untuk melaksanakan shalat Idul Adha di rumah masing-masing.

Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 terutama bila ada tak ada physical distancing dan masyarakat yang saling berjabat tangan.

Baca juga : PHE Mulai Kembangkan Lapangan KLD Blok ONWJ

"Untuk masyarakat yang berada di wilayah atau zona merah diimbau untuk shalat Ied di rumah bersama dengan keluarganya masing-masing, guna membantu mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini demi kebaikan, kesehatan, dan keselamatan bersama," ungkap Hendra, Kamis (30/7). [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.