Dark/Light Mode

Protokol Kesehatan Jangan Kendor, Kapasitas Ranjang RS di DKI Makin Sedikit

Selasa, 25 Agustus 2020 20:07 WIB
Protokol Kesehatan Jangan Kendor, Kapasitas Ranjang RS di DKI Makin Sedikit

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah kasus harian pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta terus meningkat selama Agustus 2020 ini. Rata-rata kasus hariannya, di atas 500.

Akibatnya, kapasitas ranjang rumah sakit di ruang isolasi dan ICU di rumah sakit khusus penanganan Covid-19 di DKI Jakarta pun terus tersedot.

Baca juga : IKA Universitas Brawijaya: Jangan Takut Donor Darah di Masa Pandemi

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta per 23 Agustus 2020, dari total 4.456 ranjang ruang isolasi di 67 RS rujukan Covid-19 yang ada di seantero Ibu Kota, daya tampungnya telah terpakai 64 persen. Atau hanya ada 36 persen ranjang yang belum terpakai.

"Kapasitas ruang ICU bahkan terpakai lebih banyak. Hingga 23 Agustus 2020, persentase keterpakaian ruang ICU telah mencapai 71 persen," ungkap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam siaran persnya, Selasa (25/8).

Baca juga : Ruang ICU di Jakarta Makin Sedikit, Please Jangan Rayakan HUT RI Dengan Berkerumun

Supaya jumlah pasien Covid-19 tak semakin bertambah, dan tingkat keterisian tempat tidur isolasi dan ICU rumah sakit tak semakin meningkat, Dwi pun meminta warga menerapkan protokol kesehatan dan turut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Selalu jalankan 3M. Memakai masker dengan benar, menjaga jarak aman 1-2 meter, dan mencuci tangan sesering mungkin," kata Dwi. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.