Dark/Light Mode

Masyarakat Kudu Hati-hati

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim Terjadi Hingga Oktober 2020

Minggu, 27 September 2020 06:18 WIB
Ilustrasi cuaca Jakarta mendung. (Foto: Rakyat Merdeka/Rizki Syahputra)
Ilustrasi cuaca Jakarta mendung. (Foto: Rakyat Merdeka/Rizki Syahputra)

 Sebelumnya 
Pengadaan Pompa

Akibat tergenang sebagian kawasan Jakarta, Senin (21/9), Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan mengadakan sebanyak 19 pompa air mobile untuk antisipasi penanggulangan banjir di musim hujan.

Baca juga : Ahli Penyakit Menular Italia Prediksi Corona Bisa Hilang Tanpa Vaksin

“Sekarang dalam proses lelang ada sekitar 19 unit, dan kemudian untuk yang penambahan rumah pompa baru folder folder baru mungkin di awal 2021 baru kita bisa kerjakan,” kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini.

Menurut Juaini, anggaran penanggulangan banjir Jakarta 2020 dialokasikan Rp 1,2 triliun dari APBD DKI. Mengenai pompa yang ada saat ini, menurut Juani, dari 478 unit pompa air milik Pemprov DKI, hanya dua sampai tiga persen yang rusak. Sedangkan sisanya bisa berfungsi dengan melakukan pemeliharaan saja.

Baca juga : Masyarakat Kudu Aktif Monitor Tetangga Yang Isolasi Diri Karena Corona

“Sejak Maret kami sudah mulai kerja. Ketika sekarang mau datang hujan, kami harus siap. Pada tahun ini, rencananya akan datang 19 pompa bergerak (mobile) yang saat ini tengah dalam proses lelang,” ungkap Juaini.

Selain itu, pihaknya tengah mempercepat pembangunan sumur resapan di lokasi rawan genangan. Termasuk di gedung milik Pemprov DKI Jakarta, seperti di kantor kelurahan, kecamatan, puskesmas dan sebagainya.

Baca juga : BNPB: Tingkatkan Kewaspadaan, Potensi Hujan Ekstrem di Jabodetabek

Rencananya akan terdapat 300 sumur resapanang dibangun pada 2020 ini. Sedangkan jumlah keseluruhan dari total tahun sebelumnya sudah mencapai sekitar tiga sampai empat ribu titik.

“Kami masih data di masing- masing wilayah berapa jumlah sumur resapan yang sudah dibangun tahun ini. Kami masih usahkan adanya penambahan vendor untuk mempercepat pembuatan sumur resapan tersebut,” ucapnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :