Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan, Bank DKI Bentuk Komunitas JakOne Artri

Senin, 5 Oktober 2020 19:02 WIB
Nasabah Bank DKI menggunakan aplikasi JakOne (Foto: Dok. Bank DKI)
Nasabah Bank DKI menggunakan aplikasi JakOne (Foto: Dok. Bank DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan, Bank DKI mengembangkan aplikasi Komunitas JakOne Artri. Aplikasi ini dikembangkan dengan berkolaborasi bersama mitra PT Mountrash Avatar Indonesia. 

“Aplikasi ini memfasilitasi Komunitas JakOne Artri yang terdiri dari warga pemilah, pengepul, dan pengusaha sampah yang memiliki kepedulian akan kelestarian lingkungan melalui aktivitas R3 (reduce, reuse, recycle) untuk menambah penghasilan,” ucap Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini, dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/10).

Baca juga : Pemprov DKI Bebaskan Sanksi Keterlambatan Bayar PBB

Herry menambahkan, Komunitas JakOne Artri bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, dalam hal ini pengelolaan sampah yang masih bisa memberikan nilai ekonomi melalui aktivitas R3 didukung dengan aplikasi yang modern. Alur kegiatan komunitas JakOne Artri diawali dengan memilah sampah (botol, gelas plastik, kertas dan lain sebagainya) oleh warga, selanjutnya dibawa ke tempat pengepul sampah (mountrash point) untuk ditimbang dan didata sesuai kategori menggunakan aplikasi JakOne Artri. Setelah didata, warga akan mendapatkan uang hasil penjualan sampah secara non-tunai melalui aplikasi JakOne Artri.

Setelah sampah terkumpul, pengepul akan mengirim notifikasi atau meminta pihak pengusaha sampah (mountrash collection point) mengambil sampah tersebut. Di sini sampah akan ditimbang kembali, untuk kemudian hasilnya akan dibayarkan kepada pengepul via aplikasi JakOne Artri secara non-tunai.

Baca juga : Satgas: Masyarakat Ujung Tombak Penanganan Virus Covid-19

Terbentuknya komunitas JakOne Artri ini setidaknya memberikan tiga manfaat bagi masyarakat. Yaitu menjadi sumber penghasilan tambahan, menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, serta upaya menjaga kelestarian bumi secara modern.

Bagi warga, pengepul sampah, maupun pengusaha sampah yang tertarik dengan komunitas JakOne Artri ini, Herry mempersilakan mengunjungi situs bit.ly/jakoneartri guna memperoleh informasi persyaratan keikutsertaan. “Tentunya kami ingin masyarakat khususnya di Jabodetabek yang setiap harinya menghadapi masalah dalam pengelolaan sampah dapat berpartisipasi aktif dalam Komunitas JakOne Artri untuk Bersama sama Selamatkan Bumi dengan cara yang mudah dan praktis,” tutup Herry. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.