Dark/Light Mode

Satgas: Masyarakat Ujung Tombak Penanganan Virus Covid-19

Jumat, 2 Oktober 2020 17:07 WIB
Satgas: Masyarakat Ujung Tombak Penanganan Virus  Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harmadi mengingatkan masyarakat jangan bergantung kepada tenaga kesehatan (nakes) untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. Masyarakat sendiri ujung tombak penanganan virus Corona. 

Sonny menyatakan, saat ini jumlah nakes makin berkurang setiap hari karena menjadi korban keganasan Covid-19. 

Berita Terkait : Luhut Memang Bukan Superman

"Kita mengatasi Covid-19 harus dari hulu, dan menempatkan masyarakat sebagai ujung tombak penanganan virus ini. Jumlah dokter dan tenaga kesehatan kita sangat terbatas," kata Sonny dalam diskusi soal perubahan perilaku protokol kesehatan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) secara virtual, di Jakarta, kemarin. 

Sonny bilang, jika jumlah pasien terkonfirmasi positif meningkat drastis dengan kapasitas pelayanan kesehatan yang terbatas, maka muncul potensi masalah.

Berita Terkait : Jangan Takut Divaksin, Tubuh Jadi Kebal dari Penyakit

Dia memberi contoh bagaimana negara dengan sumber daya kesehatan yang besar, seperti Amerika Serikat dan negara Eropa juga mengalami kesulitan dalam penanganan Covid-19.

Karena itu, untuk mencegah dokter dan tenaga medis kelelahan, maka harus didorong perubahan perilaku di masyarakat agar bisa mencegah penularan Covid-19, mulai dari hulu. 

Berita Terkait : Kemenkes Minta Pemda Bangun RS Khusus Jika Pasien Corona Melonjak

"Negara besar saja banyak yang kewalahan menghadapi Covid-19. Indonesia harus kuat dan menang melawan Covid-19," tegasnya. [DIR]