Dark/Light Mode

Jakarta PSBB Transisi Lagi

Mulai Besok, KRL Ubah Jam Operasional

Rabu, 14 Oktober 2020 22:04 WIB
Ilustrasi KRL Jabodetabek di Stasiun Bogor. (Foto: NG. Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasi KRL Jabodetabek di Stasiun Bogor. (Foto: NG. Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - DKI Jakarta kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Untuk menyesuaikan di masa transisi ini, PT Kereta Commuter Indonesia mengubah jam operasional KRL.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan mulai besok, Kamis (15/10), KRL akan beroperasi mulai pukul 04.00 hingga pukul 22.00 WIB. "Pada masa PSBB transisi ini, PT KCI mengoperasikan sebanyak 985 perjalanan KRL dengan 91 rangkaian kereta yang beroperasi setiap hari," ujarnya Rabu (14/10).

Anne menambahkan jam operasional baru itu akan mulai berlaku pada Kamis (15/10) dimana PT KCI tetap memberlakukan pembatasan penumpang di gerbong KRL. "Kapasitas pengguna di tiap kereta tidak mengalami perubahan, yaitu 74 orang per kereta atau sekitar 40% dari kapasitas pengguna di waktu sebelum pandemi," jelasnya.

Perubahan itu dikatakan Anne disesuaikan dengan aturan jam operasional moda transportasi publik selama masa PSBB transisi.

Baca juga : PSBB Transisi DKI Kerek Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta

Ia menambahkan KRL Jabodetabek akan beroperasi di 80 stasiun yang ada di 3 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Berikut ini jumlah perjalanan KRL untuk setiap lintasnya di masa PSBB transisi:

1. Lintas Bogor/Depok-Jakarta Kota (PP), sebanyak 214 perjalanan per hari

2. Lintas Bogor/Depok/Nambo-Angke/Jatinegara (PP), sebanyak 182 perjalanan per hari

3. Lintas Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota (PP), sebanyak 186 perjalanan per hari

Baca juga : Jakarta PSBB Transisi Lagi, Rupiah Dapat Vitamin

4. Lintas Rangkasbitung-Tanah Abang (PP), sebanyak 213 perjalanan per hari

5. Lintas Tangerang-Duri (PP), sebanyak 104 perjalanan per hari

6. Lintas Jakarta Kota-Kampung Bandan-Tanjung Priok (PP), 86 perjalanan per hari.

PT KCI  mengimbau penumpang untuk terus mematuhi protokol Kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antarpenumpang di stasiun ataupun di dalam gerbong KRL.

Baca juga : Rem Anies Berbuah Manis

"Khusus penggunaan masker, KCI mengimbau para penumpang menggunakan masker minimal 3 lapis untuk mencegah dan mengurangi penyebaran melalui droplet," pungkas Anne. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.