Dark/Light Mode

Antisipasi Musim Hujan

Pemkot Jakarta Utara Gelar Aksi Gerebek Lumpur Di Sunter Jaya

Senin, 19 Oktober 2020 08:01 WIB
Pemerintah Kota Jakarta Utara melakukan pengerukan lumpur dan sampah dengan excavator di saluran penghubung Jalan Danau Indah Raya, Sunter Jaya, Tanjung Priok. (Dok. IG Pemprov DKI)
Pemerintah Kota Jakarta Utara melakukan pengerukan lumpur dan sampah dengan excavator di saluran penghubung Jalan Danau Indah Raya, Sunter Jaya, Tanjung Priok. (Dok. IG Pemprov DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang datangnya musim hujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara bersama unsur terkait melakukan "Aksi Gerebek Lumpur" di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok.

Kegiatan "Aksi Gerebek Lumpur" atau pengerukan lumpur dan sampah dilakukan di saluran penghubung Jalan Danau Indah Raya RW 014 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Minggu (18/10/2020). 

"Saat ini, sudah masuk musim penghujan jadi harus diantisipasi dengan rutin membersihkan lumpur dan sampah yang ada di saluran biar tidak menghambat aliran air ketika hujan turun," ungkap Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko.

Baca juga : Antisipasi Kondisi Darurat, Pertamina Gelar Latihan Simulasi Kebakaran Di SPBU

Ia juga mengapresiasi keterlibatan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Menjaga dan merawat kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Kalau semua bergerak dan bersinergi maka permasalahan di lingkungan sekitar dapat ditangani. Mari kita kuatkan kolaborasi untuk Jakarta Utara yang lebih baik," pungkasnya.

Gerebek lumpur di Jakarta Utara telah digelar sejak September 2020. Sejumlah aliran air mulai dari kali, penghubung (Phb), hingga saluran di pemukiman warga rutin dibersihkan.

Baca juga : Hadapi Musim Hujan, 620 Pompa Milik Dinas SDA Jakarta Siaga 24 Jam

Dalam kegiatan monitoring tersebut, Sigit Wijatmoko didampingi Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Desi Putra dan jajaran dengan bersepeda. Kegiatan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sebelum tiba ke Kelurahan Sunter Jaya, Tim monitoring tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara ini menyusuri Jalan Warakas V Gang 6 RT 05 RW 09, Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok untuk mengecek kondisi saluran air.

Tim juga meninjau pemanfaatan lahan kolong tol yang dilakukan Kelompok Wanita Tani Hijau Daun menjadi Taman Warga Kampung Tangguh RW 09 yang ditanami beragam jenis sayuran dan kolam gizi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.