Dark/Light Mode

Sering Lepas Masker & Nggak Jaga Jarak

Warga DKI Setengah Hati Patuhi Protokol Kesehatan

Kamis, 5 November 2020 05:25 WIB
Petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI Jakarta mensosialisasikan protokol kesehatan 3M di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (25/10). (Foto : Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).
Petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI Jakarta mensosialisasikan protokol kesehatan 3M di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (25/10). (Foto : Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diharapkan meningkatkan razia protokol kesehatan. Sebab, banyak warga setengah hati menerapkannya. Tak menjaga jarak dan sering melepas masker.

Warga Jakarta memakai masker hanya di jalan dan transportasi umum saja. Namun di tempat-tempat tertentu seperti di kantor dan cafe, banyak yang melepaskannya. “Saya lihat pakai masker saat di motor saja. Sampai tempat kerja, ya dilepas. Pakainya di jalanan doang,” ungkap Yunus, karyawan swasta di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, kemarin.

Baca juga : Cegah Klaster Keluarga, Ikuti Protokol Kesehatan dengan Maksimal

Karyawan lainnya, Yanti mengungkapkannya, karyawan di kantornya sering melepas masker. Bahkan, mereka sering salaman. ‘’Tingkatkan lagi razia di perkantoran dong. Ini sangat berba- haya. Bisa muncul lagi klaster perkantoran,’’ kesalnya.

Dia berharap, warga Jakarta tetap patuh pakai di mana saja. Laksanakan terus 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Sebab, Virus Corona masih mengancam. ‘’Jangan hanya patuh pakai masker di keramaian doang, takut kena sanksi. Padahal, yang perlu ditakutkan itu sebenarnya virus mematikan itu,’’ ungkapnya.

Baca juga : Tinjau Puncak Arus Balik Di Soetta, Menhub Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan

Pantauan Rakyat Merdeka, pemotor dan pengguna mobil di jalanan Jakarta, mayoritas sudah mengenakan masker. Begitu juga warga yang menggunakan transportasi umum sudah tertib pakai masker. Apalagi, penumpang memang diwajibkan pakai masker.

Kondisi berbeda terlihat di restoran, kafe, dan perkampungan penduduk. Banyak warga yang enggan memakai masker. Mereka berbincang, tanpa masker dan tidak menjaga jarak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.