Dark/Light Mode

Akhir Oktober Libur Panjang

Silakan Kalau Mau Berwisata, Tapi Jaga Protokol Kesehatan

Rabu, 21 Oktober 2020 06:26 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (Istimewa)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Silakan liburan dan bergembiralah. Tapi, jangan lupa patuhi protokol kesehatan!

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyuarakan agar libur panjang di akhir Oktober 2020 disikapi dengan bijaksana. Silakan liburan, namun dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Hindari kerumunan, demi mencegah penularan Corona.

“Tadi Bapak Presiden sudah menjelaskan kekhawatiran beliau, manakala libur panjang ini tanpa diantisipasi dengan baik,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti disiarkan secara virtual, Senin (19/10).

Baca juga : KPU Minta Peserta Pilkada Patuhi Protokol Kesehatan

Pada libur panjang akhir Juli dan Agustus 2020, katanya, terjadi peningkatan kasus Corona. Bahkan, kasus Corona meningkat tajam hingga akhir September 2020.

Alhamdulillah, lanjut Doni, berkat kerja sama pusat dan daerah, dibantu oleh seluruh komponen, kasus Covid-19 di sejumlah provinsi mengalami penurunan.

“Beberapa di antaranya mengalami flat, walaupun 2 hingga 3 provinsi angkanya meningkat. Kekhawatiran ini harus kita upayakan agar tidak terjadi kasus yang bertambah (setelah musim liburan),” ujar Doni.

Baca juga : Kang Emil Siap Ketatkan Seluruh Pintu Masuk Dan Tempat Wisata Di Jawa Barat

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini membeberkan, kasus aktif Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Pada 20 September lalu, rata-rata kasus aktif Corona 23,6 persen, kemudian kasus kematian ada di 3,9 persen, dan rata-rata kesembuhan Corona 72,5 persen.

“Data terbaru pada 18 Oktober, kasus aktif Corona menjadi 17,69 persen, angka kematian turun menjadi 3,45 persen, dan rata-rata kesembuhan naik menjadi 78,85 persen,” bebernya.

Baca juga : Sebelum Vaksin, Terapkan Dulu Protokol Kesehatan

Menurut Doni, kemajuan tersebut terjadi setelah ada intervensi dari pemerintah, dibantu komponen lainnya. Dia meminta kerja sama pusat dan daerah, didukung seluruh komponen terus dijaga karena terbukti efektif menekan laju paparan virus Corona.

Jenderal TNI bintang tiga itu lalu mengimbau masyarakat untuk melakukan liburan yang tidak menyebabkan kerumunan. Doni juga mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19 saat liburan.

“Liburan yang aman dan juga nyaman tanpa kerumunan. Tentunya harus betul-betul mematuhi peraturan kesehatan,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.