Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Waduh, Banjir Rob Sudah Sampai Kebon Jeruk & Grogol Petamburan

Jumat, 27 November 2020 15:03 WIB
Waduh, Banjir Rob Sudah Sampai Kebon Jeruk & Grogol Petamburan

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana banjir rob sudah jadi langganan bagi warga di wilayah utara Jakarta. Namun ternyata, kini banjir akibat pasang air laut ini, sudah merangsek hingga wilayah Jakarta Barat.

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat menyatakan, banjir rob kini telah sampai ke kawasan Kedoya, Kebon Jeruk dan Latumeten, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Baca juga : Cegah Banjir, 54 Truk Angkut Sampah dari Pintu Air Manggarai

"Memang tidak parah. Hanya semata kaki, tapi kalau disertai limpahan kiriman air, bukan tak mungkin banjir berhari-hari terjadi di dua kawasan ini," ujar Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Barat Purwanti Suryandari di Jakarta, Jumat (27/11).

Purwanti menjelaskan, kondisi ini terjadi lantaran dua kawasan itu tergenang air mulai 10 sampai 50 sentimeter atau betis orang dewasa. Padahal tidak ada hujan turun dan kiriman air dari huku.

Baca juga : Langgar Protokol Kesehatan, Satu Perusahaan di Kebon Jeruk Ditutup Sementara

Sudin SDA Jakarta Barat pun langsung menelusuri tinggi permukaan air di Kali Mookevart serta Kali Grogol yang mengalir di dua kawasan itu. Rupanya, permukaan dua kali itu tinggi akibat pasang air laut.

Selain itu, beberapa sheetpile atau turap banyak yang bolong. Sehingga air merembes dan melimpah masuk ke rumah warga. Dikatakannya, kawasan Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat menjadi lokasi dengan dampak terparah akibat rob ini.

Baca juga : 4 Daerah di Banten Sudah Siap Gelar Pilkada Serentak

Apalagi, hingga kini, pengerjaan turap belum rampung. Pihaknya pun tengah memperbaikinya. Juga memperbaiki pintu pintu air di Kawasan Latumeten yang berpotensi menimbulkan genangan.

"Untuk di Kedoya, kami juga akan bangun pintu air menutupi pintu Kali Angke yang menyambungkan ke Kali Mookevart," tandas Purwanti. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.