Dark/Light Mode

Rencana Sekolah Tatap Muka Tahun 2021, DKI Belum Ketok Palu

Senin, 14 Desember 2020 20:07 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Foto: Istimewa)
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hingga kini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih belum memutuskan untuk menyelenggarakan sekolah tatap muka pada tahun 2021. Sebab, situasi pandemi Covid-19 di Ibu Kota saat ini masih belum terkendali.

"Mengenai sekolah tatap muka tahun depan, masih kita kaji dan pelajari. Pemprov Jakarta belum memutuskan, apakah ikut tatap muka atau tidak. Semuanya terus kita lakukan kajian secara mendalam," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (14/12).

Baca juga : KPK Belum Puas, Bagus!

Ariza tak ingin, Pemprov DKI salah langkah. Mengingat banyaknya temuan di negara lain, yang akhirnya gagal melakukan sekolah tatap muka di tengah pandemi Covid-19.

"Kita tidak ingin ada kejadian seperti di beberapa negara. Ketika dibuka tatap muka, belajar, kemudian terjadi kasus terbaru. Kemudian ditutup kembali, ini tidak mau," kata Ariza.

Baca juga : Jumlah Kasus Corona Naik Terus, IDAI: Sekolah Tatap Muka Belum Aman

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta masih terus menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung pembelajaran secara daring. Antara lain, dengan menyediakan WiFi gratis, seperti JAK Wifi yang bisa diakses tidak hanya oleh pelajar tapi juga oleh seluruh warga DKI Jakarta.

"Prinsipnya, di masa pandemi ini, program pendidikan dapat berjalan sesuai dengan harapan kita," kata Ariza.

Baca juga : Hadapi Natal & Tahun Baru, Ini Kesiapan Angkasa Pura ll

Seperti diketahui, sekolah tatap muka dihentikan sejak Maret 2020 akibat pandemi Covid-19 yang terus meluas di Tanah Air.  Kegiatan belajar mengajar pun beralih ke metode online atau sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun telah memfasilitasi kuota gratis bagi para pelajar. Mulai dari tingkat sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.