Dark/Light Mode

Cucun: Alsintan Modern Bikin Generasi Milenial Kepincut Dunia Pertanian

Sabtu, 16 Februari 2019 17:58 WIB
Anggota Komisi IV DPR Cucun Ahmad Syamsurijal (berbatik hijau) saat acara  
Anggota Komisi IV DPR Cucun Ahmad Syamsurijal (berbatik hijau) saat acara  "Temu Teknis Penyuluh dan Petani Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045", di Graha Alif, Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/2). 

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IV DPR Cucun Ahmad Syamsurijal optimis Indonesia dapat mewujudkan cita-cita menjadi lumbung pangan dunia pada 2045. Alasannya, Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan modernisasi alat mesin pertanian (alsintan) dan langkah-langkah inovatif di bidang pertanian. Langkah-langkah ini mendorong gairah dunia pertanian. Kaum milenial pun ikut bertani. Dengan begitu, produksi terus meningkat. 

Rasa optimisme itu disampaikan Cucun pada kegiatan "Temu Teknis Penyuluh dan Petani Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045", di Graha Alif, Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/2). Di pertemuan ini, Cucun didampingi Kepala Badan Penyuluhan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan Momon Rusmono. Kegiatan dihadiri sekitar 1.500 penyuluh dan petani. 

Pada kegiatan itu, Cucun dan Momon menyalurkan bantuan alsintan berupa traktor tangan, pompa air, traktor roda empat, alat pertanian pascapanen, ayam kampung, bibit kopi, dan bantuan lainnya. Bantuan tersebut langsung diserahkan ke para kelompok tani di Kabupaten Bandung. Jika ditotal dengan yang sebelumnya, tahun ini, Cucun sudah menyerahkan 150 unit alsintan untuk kelompok tani di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Baca juga : Robert Minta Freeport Pekerjakan Kembali Orang Papua Yang Dulu Di-PHK

"Saya sampaikan ini semua sebagai wujud nyata perhatian Kementerian Pertanian yang diamanatkan melalui APBN tiap tahunnya. Ini suatu hal yang luar biasa, adanya perhatian dari Kementerian Pertanian dalam memberikan bantuan alsintan," kata Ketua Fraksi PKB DPR ini.

Cucup juga sangat mengapresiasi kinerja Kementan dalam memajukan dunia pertanian. Selama ini, Kementan terus melakukan modernisasi pertanian. Berbagai inovasi sudah diluncurkan. Membuat kerja petani lebih mudah dan menghasilkan panen yang lebih banyak.

"Kami dari Komisi IV DPR, mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Jabar, dan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung. Sudah cukup luar biasa perhatian pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla ini," ungkapnya.

Baca juga : Misbakhun: Jokowi Bangun Tol & Pelabuhan Bersamaan

Modernisasi alsintan tadi, tambah Cucun, merangsang pertanian Indonesia bergairah. Yang terjun ke dunia pertanian tidak cuma orang tua. Generasi milenial juga turun ke dunia pertanian. Sebab, dengan sistem modern dan alsintan canggih, bertani kini tidak identik dengan kotor-kotoran lagi. Dengan begitu, produksi pertanian akan terus meningkat. Indonesia pun bisa mewujudkan mimpi menjadi lumbung pangan Asian, bahkan dunia, di 2045.

"Ini dalam upaya merangsang petani milenial tertarik dan masuk ke dalam satu kegiatan pertanian. Mereka bisa melihat pertanian jauh ke depan, dan diharapkan kegiatan ini dapat merangsang petani berkelanjutan. Selain itu, mampu tumbuh regenerasi petani milenial," ucapnya. 

Kepada para penyuluh pertanian, Cucun berharap mereka menjadi barometer di bidang pertanian. Para penyuluh harus mampu memberikan contoh ke petani mengenai pemanfaatan alat-alat modern. Sehingga produksi pertanian bisa terus dipacu.

Baca juga : Kalau Tak Minta Maaf Sampai Maret, Hemas Bakal Dipecat Dari DPD

"Sebenarnya, ruh tercapainya lumbung pangan di Asia, bahkan dunia, garda terdepannya adalah penyuluh dan pendamping pertanian. Tanpa mereka, tak akan tercapai," katanya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.