Dark/Light Mode

Tes GeNose C19 Di Stasiun Senen Dan Yogyakarta

Penumpang Kereta Happy Tes Covid Murah Dan Cepat

Sabtu, 6 Februari 2021 06:00 WIB
Calon penumpang kereta api melakukan tes GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (3/2/2021). (Foto: Khairizal Anwar)
Calon penumpang kereta api melakukan tes GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (3/2/2021). (Foto: Khairizal Anwar)

 Sebelumnya 
Hasil tes GeNose C19, kata Joni, memang dapat langsung diketahui dalam hitungan menit. Namun, calon penumpang kereta perlu mempertimbangkan antrean panjang.

“Minimal berada di stasiun beberapa jam sebelum jam keberangkatan biar nggak ketinggalan kereta,” imbaunya.

Joni pun memastikan bahwa PT KAI telah membuat pola pengaturan antrean dan ruang tunggu yang memadai dengan tetap memperhatikan protokol jaga jarak antar pelanggan di stasiun.

Baca juga : Mulai Besok, Tes GeNose C19 Cuma Digelar Di Stasiun Pasar Senen Jakarta Dan Stasiun Tugu Yogyakarta

Pemeriksaan dengan GeNose C19 dapat dilakukan maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. Penumpang di bawah 12 tahun tidak diwajibkan menjalani tes ini. Ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi calon penumpang supaya hasilnya akurat.

Diungkapkan Joni, calon penumpang dilarang merokok, makan dan minum kecuali air putih selama 30 menit sebelum pengambilan sampel nafas. Selain itu, calon penumpang wajib memperlihatkan tiket saat mendaftarkan diri untuk pemeriksaan GeNose. Calon penumpang juga langsung melakukan pembayaran tes saat pendaftaran sebesar Rp 20.000.

“Pemeriksaan tersebut hanya dapat dilakukan satu kali tanpa pengulangan. Kalau negatif bisa melanjutkan perjalanan,” ujarnya.

Baca juga : Ingat, GeNose Sudah Teruji, Murah, Buatan Anak Negeri

Jika hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api. Tiket kereta yang sudah kadung dibeli, dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh.

Sekadar mengingatkan, pada 26 Januari hingga 8 Februari 2021, pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan untuk menunjukkan hasil pemeriksaan GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR sebagai syarat kesehatan bagi individu yang melakukan perjalanan.

Ini sesuai dengan SE Kemenhub Nomor 11 tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam masa Pandemi Covid-19.

Baca juga : Mulai Jumat Besok, GeNose Siap Digunakan Di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta

EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah mengatakan, GeNose C19 memiliki keunggulan murah, cepat, dan akurat. Dengan Genose C19, calon penumpang akan lebih dimudahkan karena harganya yang terjangkau, serta memiliki akurasi sebesar 93-95 persen.

GeNose C19 telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan No Kemenkes RI AKD 20401022883 serta ditetapkan sebagai syarat kesehatan bagi individu yang melakukan perjalanan melalui Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 11 Tahun 2021.

“KAI mendukung penuh penggunaan GeNose Test di layanan kereta api. Tujuannya untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai di tujuan,” jelas Dadan. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.