Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kamis Besok Disuntik, Ganjar Jadi Orang Pertama Yang Terima Vaksin Covid Di Jawa Tengah

Selasa, 12 Januari 2021 13:48 WIB
Kamis Besok Disuntik,  Ganjar Jadi Orang Pertama Yang Terima Vaksin Covid Di Jawa Tengah

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan, program vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah akan dimulai pada Kamis (14/1) besok.

"Kami sudah siap semuanya. Begitu BPOM mengeluarkan izin, Dinas Kesehatan langsung menyebarkan. Cold chain sampai ke tingkat Puskesmas di Jawa Tengah sudah siap semua,” kata Ganjar, usai rapat koordinasi sosialisasi vaksin dengan Menteri Kesehatan secara virtual, di Rumah Dinas Puri Gedeh, Semarang, Senin (11/1).

Baca juga : Besok, 15 Juta Bahan Baku Vaksin Covid Bakal Tiba Di Tanah Air

Sebanyak 62.560 vaksin Covid-19 telah sampai di Semarang, Jawa Tengah pada 4 Januari 2021. Sejak saat itu, vaksin disimpan di gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Vaksin tidak langsung didistribusikan ke kabupaten/kota, karena masih menunggu izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) dari BPOM.

Baca juga : Raffi Ahmad Jadi Penerima Vaksin Covid Pertama, Ini Kata Manajer

"Kita tinggal men-deliver saja. Kemarin, kita hanya menunggu izin BPOM. Karena kalau telanjur dikirim ke kabupaten/kota, tapi belum ada izin, kami khawatir perawatannya nanti berbeda-beda. Jadi, kita keep dulu di sini, karena peralatan bagus. Begitu izin ini keluar  maka langsung kami siapkan pendistribusiannya,” jelas Ganjar.

Berdasarkan arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, setiap daerah harus menyiapkan tempat vaksinasi dan vaksinator untuk memulai penyuntikan perdana vaksin Covid pada Kamis (14/1) atau Jumat (15/1). Seiring sertifikasi halal yang telah diberikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan izin penggunaan darurat dari BPOM.

Baca juga : Walikota Bekasi Utamakan Nakes Untuk Vaksin Covid

“Arahan Menteri Kesehatan tadi sudah sangat jelas. Tanggal 13 Januari, Presiden. Diharapkan, gubernur dan seluruh Forkompimda termasuk para dokter dan perawat (nakes), kemudian tokoh agama dan tokoh masyarakat pertama di tanggal 14 Januari. Kita sudah siapkan secara teknis. Tanggal 14 itu sudah siap suntik. Vaksinator sudah siap semuanya,” pungkasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.