Dark/Light Mode

Pintu Air Pulo Gadung Dan Pintu Air Sunter Hulu Siaga 3

Jumat, 19 Februari 2021 05:36 WIB
Pintu Air Pulo Gadung Dan Pintu Air Sunter Hulu Siaga 3

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat Ibu Kota untuk mewaspadai potensi banjir, menyusul ditetapkannya Status Siaga 3 untuk Pintu Air Pulo Gadung, dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 660 cm pada Jumat (19/2) pukul 05.00 WIB.

Karena itu, warga di 10 wilayah Ibu Kota: Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading Barat, Koja, Pulo Gadung, Sungai Bambu, Sunter Jaya, Sumur Batu, Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara, dan Kebon Bawang diminta untuk ekstra hati-hati. 

Baca juga : Perhatian, Perhatian, Pintu Air Karet Siaga 3

Pada waktu yang sama, Pintu Air Sunter Hulu juga berstatus Siaga 3 dengan TMA 195 cm/Hujan. 

Dalam 4 jam ke depan, air akan sampai di Pintu Air Pulo Gadung. Warga DKI di 21 wilayah: Bambu Apus, Cilangkap,  Pondok Ranggon, Setu, Lubang Buaya, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cipinang, Cipinang Melayu, Duren Sawit, Jatinegara Kaum, Kayu Putih, Pulo Gadung, Sumur Batu, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading Timur, Kebon Bawang, Rawa Badak Selatan, Rawa Badak Utara, dan Sungai Bambu diminta terus meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga : Jakarta Waspada Banjir, Pintu Air Manggarai Siaga 3

Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan (TREAK) PSTA-LAPAN memperkirakan, akan terjadi hujan ekstrem di kawasan Jakarta pada 19-20 Februari 2021 sejak pukul 23.00 WIB dengan intensitas yang meluas dan memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang hingga Karawang.

Hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB. Setelah itu, intensitas akan berkurang terhadap waktu. Namun, hujan dalam skala meso atau luas, diramal terjadi secara persisten sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitarnya. [HES]

Baca juga : Pakar : Minum Air Pakai Galon Guna Ulang, Aman dikonsumsi

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.