Dark/Light Mode

Dampingi Vaksinasi 2 Lansia Di DKI, Warga Bisa Ikut Disuntik Vaksin Corona

Senin, 12 April 2021 22:02 WIB
Vaksinasi Covid-19 (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Vaksinasi Covid-19 (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi vaksinasi bagi warga yang mengantar dan mendampingi dua lansia untuk divaksin Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan, fasilitas tersebut diberikan bagi masyarakat non lansia berusia 18-59 tahun yang mendampingi dua lansia untuk didaftarkan vaksinasi suntik pertama. 

Program ini dilakukan agar target vaksinasi lansia lekas terpenuhi. Hingga 11 April 2021, vaksinasi dosis pertama telah dilakukan kepada 526.687 lansia (57,8 persen) dan vaksinasi dosis kedua mencakup 173.234 lansia (19,0 persen), dengan target vaksinasi sebanyak 911.631 lansia.

Baca juga : Nyaris 100 Persen, Warga Lansia Di Jakarta Pusat Yang Sudah Divaksin Covid

"(Program) ini diharapkan dapat memudahkan lansia selama proses vaksinasi. Karena, daftarnya lewat daring, lansia itu pasti butuh pendamping untuk membantu teknis pelaksanaannya," katanya, seperti dikutip Antara, Senin (12/4).

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya untuk mempercepat target terpenuhinya vaksinasi untuk lansia. Widyastuti menerangkan, bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi, dapat mendaftarkan secara daring melalui tautan dki.kemenkes.go.id. Untuk yang ber-KTP DKI Jakarta, bisa langsung datang dan mendaftarkan diri ke seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Ibu Kota. Sedangkan bagi masyarakat ber-KTP di luar Jakarta, dapat mendatangi lokasi vaksinasi di Istora dan Tennis Indoor di Senayan.

Baca juga : Mulai Juni 2021, Penyuntikan Vaksinasi Bisa 1 Juta Per Hari

Pelayanan vaksinasi di Jakarta, antara lain, di Istana Presiden, Balai Kota DKI Jakarta, Kantor Wali Kota, Kantor Kecamatan, Kantor Kelurahan, DPR/DPRD, RPTRA, mall, pasar, hotel, wisma, taman, RSU swasta/vertikal serta RS TNI/Polri. Selain itu, RSUD, RS khusus, klinik, Puskesmas Kecamatan dan Kelurahan, Puskesmas Keliling, sekolah (TK-SMA), Istora/GOR, Gedung Perkantoran Swasta/BUMN dan "drive thru".

Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan fasilitas transportasi antar-jemput bagi warga lansia, berupa bus sekolah dan TransJakarta untuk sejumlah wilayah yang membutuhkan karena lokasi vaksinasi yang cukup jauh.

Baca juga : Pertamina Berikan Layanan Medis Terbaik Bagi Warga Terdampak Insiden Balongan

Meski telah divaksin, masyarakat diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan ketat. Yaitu memakai masker, rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.