Dark/Light Mode

Anies Baswedan Anjurkan Masyarakat Salat Id di Tempat Terbuka

Selasa, 4 Mei 2021 22:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Instagram)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganjurkan umat Islam mengikuti Salat Idul Fitri (Id) di tempat terbuka atau lapangan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Dalam suasana pandemi ini, saya menganjurkan Salat Id di lapangan," ujar Anies dalam acara santunan yatim piatu Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Gerindra Jakarta Utara, Jalan Menteng Terusan Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Selasa (4/5).

Baca juga : Novel Baswedan Akan Dipecat dari KPK? Ini Kata Firli Bahuri

Menurutnya, jika digelar di tempat terbuka, akan lebih mudah untuk mengatur jarak antar jemaah. Tapi Anies mengingatkan, jemaah salat Id harus tetap mengenakan masker.

Sementara untuk silaturahmi usai salat Id. Anies meminta warga ibu kota melakukannya secara virtual saja. Misalnya, dengan video conference.

Baca juga : Tiket.com Ajak Masyarakat Ngabuburit Online di tiket TO DO

"Kita harus berikhtiar. Usahakan tidak terjadi pelepasan masker dan tetap menjaga jarak," imbau eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini.

Anies juga mewanti-wanti warga Jakarta untuk menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas saat berbelanja pada akhir ramadan ini. Jika tempat belanja penuh, ia menyarankan warga mencari waktu sepi atau mencari lokasi lain yang tidak padat pengunjung.

Baca juga : Ganjar Kalem

"Menjelang akhir ramadan banyak warga yang belanja. Pasar Tanah Abang kemarin penuh mencapai 100 ribu pengunjung. Saya menganjurkan berbelanja melihat kondisinya. Kalau penuh pengunjungnya, cari tempat lain. Bila perlu atur jamnya kedatangannya saat sepi pengunjung," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.