Dark/Light Mode

Pulang Mudik, Warga Kota Tangerang Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19 

Minggu, 16 Mei 2021 13:41 WIB
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (Foto: Istimewa)
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menginstruksikan seluruh lurah dan camat di daerahnya untuk dapat mendata setiap wargan yang pulang mudik dari luar kota. Mereka wajib membawa surat bebas Covid-19 atau hasil pemeriksaan antigen 1x24 jam.

"Lurah dan camat agar berkoordinasi dengan RT/RW mendata warga yang balik dari luar kota agar membawa surat keterangan bebas Covid-19. Ini untuk pendataan dan tracing," kata Arief, seperti dikutip Antara, Minggu (16/5).

Baca juga : Pasca Lebaran, Penumpang Kapal Tujuan Pulau Jawa Wajib Bawa Surat Negatif Covid

Hari ini diperkirakan puncak arus balik mudik Lebaran. Sebab, pada Senin (17/5) sudah kembali normal kerja seperti biasanya.

Kepala Bagian Protokol dan Pimpinan Kota Buceu Gartina menambahkan, instruksi ini sudah disampaikan kepada Kepala Satgas Covid-19 di wilayah yakni lurah dan camat sejak beberapa waktu lalu. Tak hanya itu, pendataan juga dilakukan terhadap rumah kosong, kontrakan, dan kos-kosan untuk memastikan warga yang kembali menghuni tempat tinggalnya lagi dapat diketahui hasil pemeriksaan bebas Covid-19.

Baca juga : Pemerintah dan Warga Solid, Australia Nyaris Bebas Covid-19

"Ini jadi bagian dari upaya menekan penyebaran Covid-19 usai libur Lebaran. Pengawasan di wilayah terus ditingkatkan agar tak ada penambahan kasus," tegasnya.

Pemkot Tangerang telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dalam menekan penyebaran Covid-19 saat libur Lebaran dengan larangan mudik bagi pegawai dan masyarakat. Kemudian menutup tempat wisata seperti Taman Tematik, menutup Tempat Pemakaman Umum (TPU) agar tak ada kerumunan saat kegiatan ziarah kubur, dan membatasi jumlah pengunjung di pusat belanja dan tempat makan.

Baca juga : Mau Shalat Id, Warga Malaysia Dan Singapura Harus Daftar Online

Pemkot Tangerang bersama Kepolisian dan TNI juga membuat posko penyekatan untuk mengantisipasi warga yang melakukan mudik lebaran. Hasilnya ratusan kendaraan di putar balik karena ketahuan akan melaksanakn perjalanan mudik. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.