Dark/Light Mode

Besok Diprediksi Puncak Arus Balik

Ratusan Pemudik Kembali Ke Jakarta Positif Corona

Kamis, 20 Mei 2021 06:25 WIB
Calon penumpang mengikuti layanan pemeriksaan Tes antigen di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (19/5/2021). (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)
Calon penumpang mengikuti layanan pemeriksaan Tes antigen di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (19/5/2021). (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)

 Sebelumnya 
“Dari 75 orang diperiksa, 1 orang positif berdasar hasil rapid antigen. Pasien langsung dirujuk ke Wisma Atlet di tower 4,” ungkap Kepala Terminal Kampung Rambutan, Made Jonny.

Menurut Made, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan secara acak, sampai 24 Mei mendatang.

Baca juga : Waspadai Lonjakan, Polda Metro Amankan 84 Pemudik Positif Covid-19

Pemeriksaan terhadap pemudik juga dilakukan di permukiman. Petugas gabungan RT/RW dan kelurahan sudah mulai bergerak mendatangi rumah pemudik.

“Sasaran pendataan adalah penghuni rumah kos atau karyawan yang ada di lingkungan kelurahan Cipete Selatan,” kata Lurah Cipete Selatan Fuad.

Baca juga : Satgas Covid: Dari 77.068 Testing, 264 Pemudik Lebaran Positif Corona

Fuad mencatat, ada sekitar 13 orang penghuni kontrakan dan kos yang diketahui baru kembali dari mudik. Dari jumlah itu, 7 orang belum menunjukkan hasil pemeriksaan Covid-19. Mereka diminta isolasi mandiri sementara.

“Baru ada lima yang sudah membawa hasil. Tes Covid-19 mandiri dia bawa, hasilnya negatif. Yang belum bawa akan tes di Puskesmas kecamatan. Jadi sekarang mereka isolasi mandiri sambil menunggu dites,” ungkapnya.

Baca juga : Banyak Yang Lolos Mudik, Menhub Prediksi Arus Balik Capai 3,6 Juta Orang 

Fuad mengatakan, pihaknya saat ini masih terus berkoordinasi dengan pengurus RT/RW untuk memantau warga yang baru datang dari kampung. Hingga kini, belum seluruhnya warga Cipete Selatan kembali dari kampung halaman. Dia mencatat ada 30 kepala keluarga di Cipete Selatan yang melakukan mudik Lebaran.

“Satu keluarga ada tiga, dan ada yang empat orang,” tandas Fuad.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.