Dark/Light Mode

Besok Diprediksi Puncak Arus Balik

Ratusan Pemudik Kembali Ke Jakarta Positif Corona

Kamis, 20 Mei 2021 06:25 WIB
Calon penumpang mengikuti layanan pemeriksaan Tes antigen di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (19/5/2021). (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)
Calon penumpang mengikuti layanan pemeriksaan Tes antigen di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (19/5/2021). (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)

 Sebelumnya 
Sementara, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi meminta para Lurah aktif jemput bola mengawasi warga yang baru kembali dari kampung halaman.

“Lurah harus lebih aktif lagi melakukan pemantauan di rumah indekos atau kontrakan. Bila ada pemudik yang baru tiba dari kampung halaman, langsung menjalani tes antigen,” ungka, Irwandi di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Waspadai Lonjakan, Polda Metro Amankan 84 Pemudik Positif Covid-19

Irwandi mengungkapkan, pemudik yang tiba di wilayah Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat hingga saat ini totalnya berjumlah 80 warga. Semuanya sudah menjalani swab test antigen di Puskesmas. Hasilnya, satu warga Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Orang itu sudah di bawa ke salah satu hotel di bilangan Senen untuk menjalani isolasi mandiri.

“Jika ada pemilik rumah kos atau kontrakan yang tidak terbuka supaya ditegur, kalau perlu ditutup,” tegas Irwandi.

Baca juga : Satgas Covid: Dari 77.068 Testing, 264 Pemudik Lebaran Positif Corona

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menginstruksikan seluruh anak buahnya untuk mendata melalui aplikasi data warga. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berserta Lurah diminta untuk melakukan pendataan setiap hari.

Anies juga meminta para Lurah untuk melakukan pengendalian skala mikro di lingkungan RT dan RW. Pertama, mendampingi warga yang baru saja mudik dan tidak dapat menunjukkan hasil tes bebas Covid-19 dan membawa yang bersangkutan ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan tes swab antigen atau PCR. Kemudian, mengawasi dan mengendalikan bersama Satgas Covid-19 tingkat RT dan RW bagi warga yang menjalani isolasi mandiri dan atau menunggu hasil tes swab antigen atau PCR pukul 08.00 dan 19.00 WIB.

Baca juga : Banyak Yang Lolos Mudik, Menhub Prediksi Arus Balik Capai 3,6 Juta OrangĀ 

Selanjutnya, mengkoordinasikan pelaksanaan pelaporan hasil pengawasan pengendalian data warga yang dilakukan Satgas Covid tingkat RT dan RW.

“Melakukan prosedur micro lockdown di tingkat RT jika ditemukan konfirmasi positif di atas lima rumah, atau terdapat zona merah,” demikian instruksi Anies. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.