Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pergubnya Lagi Digodok

Tuh, Pesepeda Hanya Boleh Melintas Di Jalur Permanen

Rabu, 2 Juni 2021 06:15 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Twitter @ArizaPatria)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Twitter @ArizaPatria)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penggemar sepeda balap atau road bike dapat angin segar dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka boleh menyalurkan hobi bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin pukul 05.00-6.30 WIB. Tapi ingat, batasan itu jangan dilanggar. Karena ada sanksi yang lagi dipersiapkan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bilang, Peraturan Gubernur (Pergub) untuk melegalkan aktivitas pesepeda balap itu lagi digodok. Dalam Pergub itu nanti ada dua jalur yang dibolehkan.

Lintasan pertama yakni, Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin pada Senin-Jumat pukul 05.00-6.300 WIB. Lintasan kedua adalah Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang yang bisa digunakan Sabtu-Minggu pukul 05.00-08.00 WIB.

Baca juga : Lebaran Di Rumah, Nadiem Belajar Banyak Arti Kebersamaan 

Riza mewanti-wanti, di luar jam yang diatur Pergub itu, pesepada hanya boleh melintas di jalur sepeda permanen.

“Ini yang sudah disepakati antara Dinas Perhubungan dengan Polda Metro Jaya. Legalitasnya nanti diatur Pergub,” kata Riza di Jakarta, kemarin.

Politisi Gerindra ini menambahkan, Pergub itu akan diatur berbagai persyaratan demi menjaga keamanan dan keselamatan pesepeda.

Baca juga : Pemudik Bersepeda Motor Mulai Terlihat Di Jalan Raya Bandung-Garut

“Karena membahayakan, maka perlu diatur. Ini untuk menghindari supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari,” tandasnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya terus melakukan evaluasi dari uji coba pengguna JLNT untuk lintasan road bike.

“Kami akan terus sosialisasi dan edukasi pada masyarakat. Termasuk meningkatkan fasilitas sarana prasarana penunjang, sehingga akan terpenuhi aspek keselamatan keamanan dan kenyamanan,” jelasnya.

Baca juga : Selangkah Lagi Raih Scudetto, Conte : Kami Punya Mentalitas Juara

Dishub juga akan menambah ambulans gawat darurat dari Dinas Kesehatan DKI. Jika pekan lalu hanya satu unit, kini menjadi dua unit. Masing-masing ditempatkan di depan Citywalk dan di seberang mall Kota Casablanca.

Syafrin mengungkapkan, jika sudah dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan melibatkan lintas sektor, maka road bike JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang ini akan dipermanenkan.

Nantinya, JLNT Casablanca hanya bisa dilintasi pesepeda jenis road bike di waktu tertentu. Yakni pada pagi hari saat akhir pekan. Alasannya, JLNT memiliki karakter angin yang kencang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.