Dark/Light Mode

Kasus Covid-19 Melonjak

Ngeri, RS Rujukan Mulai Penuh Lagi

Jumat, 11 Juni 2021 07:08 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Dok. Pribadi)
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Dok. Pribadi)

 Sebelumnya 
Namun, jika laju penularan makin tidak terkendali, maka sejumlah Gelanggang Olahraga (GOR) bakal disiapkan sebagai tempat isolasi mandiri.

“Kita mengembangkan beberapa skenario, mudah-mudahan tidak sampai terjadi,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktaviani.

Soal isolasi hotel, Dwi mengatakan, akan ada masa peralihan dari pemerintah pusat ke Pemprov DKI Jakarta. Dia memastikan pasien Covid-19 yang tersisa masih diperkenankan isolasi mandiri di hotel hingga sembuh.

Baca juga : MPR: Perbanyak Vaksinasi, Perketat Penerapan Prokes

Menurut Dwi, penambahan tempat lokasi isolasi itu karena Satgas Covid-19 Nasional tidak lagi membiayai tempat isolasi di Jakarta.

Di Kepgub sebelumnya, Pemprov DKI hanya menyediakan tiga lokasi isolasi terkendali. Itu artinya, secara total Pemprov DKI menambah 34 lokasi lainnya dengan total kapasitas 8.249 orang.

Pemprov DKI membaginya ke dalam tiga tahapan. Tahap 1, terdiri dari 5 lokasi isolasi dengan kapasitas 607 orang. Tahap 2, terdiri dari 7 lokasi kapasitas 6.648 orang. Tahap 3, terdiri dari 19 lokasi dengan kapasitas 994 orang.

Baca juga : Covid Melonjak, Bupati Demak Semprotkan Disinfektan

Untuk tahap 1 dengan kapasitas 607 orang. Yakni di Graha Wisata TMII berkapasitas 100 orang, Graha Wisata Ragunan berkapasitas 200 orang, Hotel Grand Mansion Menteng berkapasitas 77 orang, Pusdiklat Gulkarmart Ciracas dengan kapasitas 30 orang dan Masjid Raya KH Hasyim Ashari berkapasitas 200 orang.

Tahap 2, dengan kapasitas 6.648 orang. Yakni, Rusun Nagrak Cilincing kapasitas 2.550 orang, Rusun Pasar Rumput Manggarai kapasitas 3.968 orang, SMPN 285 Pulau Untung Jawa kapasitas 20 orang, SMKN 61 Pulau Tidung kapasitas 40 orang, SMPN 288 Pulau Panggang kapasitas 20 orang, SDN 01 Pulau Kelapa kapasitas 30 orang dan PKBM Pulau Harapan kapasitas 20 orang.

Tahap 3, dengan kapasitas 994 orang ada 19 titik. Antara lain, Balai Kesenian Kebon Melati kapasitas 85 orang, GOR Rawamangun kapasitas 100 orang, GOR Senen kapasitas 100 orang dan GOR lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Ibu Kota Jakarta. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.