Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Vaksinasi Covid-19 di DKI Lampaui Target 100 Ribu Orang Per Hari

Jumat, 18 Juni 2021 23:00 WIB
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menargetkan, vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama di DKI Jakarta dapat mencapai 7,5 juta orang pada akhir Agustus 2021. 

Untuk mencapainya, Pemprov DKI Jakarta harus mengejar target vaksinasi harian sebesar 100.000 orang. 

Kini, Jakarta mampu melampaui target harian tersebut. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan capaian vaksinasi DKI Jakarta sebanyak 102.548 orang pada Kamis (17/6). 

Baca juga : Satgas Covid-19: Agenda Libur Panjang Kemungkinan Ditiadakan

“Alhamdulillah, mulai kemarin angka ini sudah tercapai. Namun, tugas kita sekarang adalah mempertahankan angka itu secara konsisten dan bahkan terus meningkatkannya,” ungkap Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, pada Jumat (18/6).

Anies juga melakukan beberapa pendekatan sebagai strategi percepatan serbuan vaksinasi di Ibu Kota, mulai berbasis komunitas, tempat kerja dan tempat umum.

“Pemprov DKI Jakarta bersama Pangdam Jaya dan Polda Metro Jaya membentuk Gugus Tugas Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi dengan posko di Balai Kota. Pelaksanaan vaksinasi dipantau secara real time dan dilakukan evaluasi seminggu dua kali untuk memperoleh umpan balik pelaksanaan di lapangan dan dilakukan perbaikan jika diperlukan,” imbuhnya.

Baca juga : Hadapi Lonjakan Covid-19, TNI AL Siapkan Gedung Isolasi Mandiri

Untuk melakukan vaksinasi, warga dapat langsung ke tempat vaksinasi. Namun, untuk mempercepat proses vaksinasi, warga disarankan mendaftar online melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi. 

Dengan mendaftar secara online, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri, sekaligus bisa melakukan pre-screening tes online.

Saat ini, sudah disiapkan 326 sentral/lokasi vaksinasi di Jakarta dan akan terus ditingkatkan sesuai kebutuhan. Untuk menemukan tempat vaksinasi, warga juga mengeceknya melalui aplikasi google maps. 

Baca juga : Pasar Tradisional Di Tangerang Tutup 3 Hari

Hanya dengan menuliskan vaksin Covid-19, warga dapat menemukan lokasi serta dibantu informasi jalur menemukan lokasi yang dipilih.

Adapun kategori warga 18+ yang dapat divaksinasi di DKI Jakarta adalah, Warga ber-KTP DKI Jakarta, Warga ber-KTP dari luar DKI Jakarta, tetapi berdomisili di DKI Jakarta (membawa keterangan domisili diperoleh dari petugas RT, tidak harus dari ketua RT), dan Pekerja di DKI Jakarta yang ber-KTP dari luar DKI Jakarta

Sementara itu, mereka yang tidak dapat divaksin adalah sedang wakit atau demam dengan suhu >37.5 C, sedang hamil, mengidap hipertensi (tensi >180/110mmHg) dan tetap tinggi setelah pemeriksaan, mengidap penyakit jantung berat dan dalam keadaan sesak, memiliki alergi berat, mengidap autoimun, sedang mendapat pengobatan untuk gangguan pembekuan darah dan sedang mendapat pengobatan imunosupresan. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.