Dark/Light Mode

Tak Ada Niat Angkut Jenazah Pakai Truk

Wagub Pastikan Ambulans Siaga 24 Jam, Nggak Kenal Libur

Senin, 28 Juni 2021 20:52 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengunjungi Kantor Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinkes Provinsi DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat (26/6). (Foto: PPID DKI Jakarta)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengunjungi Kantor Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinkes Provinsi DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat (26/6). (Foto: PPID DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta punya 65 mobil ambulans khusus keperluan gawat darurat untuk melayani warga, termasuk untuk pasien dan jenazah Covid-19. Ambulans ini akan melayani masyarakat 24 jam tanpa libur.

Hal ini diungkapkan Riza saat mengunjungi Kantor Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang bertempat di Jalan Kesehatan, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (28/6).

Dalam tinjauannya ke Kantor AGD Dinkes DKI, Riza ditemani oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti berserta jajaran dan Kepala Unit AGD Winarto beserta jajarannya. Riza mengapresiasi petugas AGD Dinkes DKI yang bekerja 24 jam untuk warga Jakarta.

Baca juga : Mudik Dilarang, Kemenhub Pastikan Bandara Nggak Ditutup

"Teman-teman di sini sudah banyak bertugas memberikan pelayanan yang terbaik, berkesinambungan dan tidak ada hari libur dari Senin sampai Minggu, 24 jam. Di sini ada 65 ambulans yang memenuhi standar baik dan memberikan pelayanan bagi seluruh masyarakat termasuk bagi jenazah Covid-19 di seluruh Jakarta," ungkap Riza.

Riza meminta warga tak perlu khawatir, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinkes DKI Jakarta dan AGD Dinskes DKI Jakarta terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik.

"Jadi sekali lagi tidak perlu ada kekhawatiran diangkut truk. Ibu Kadis dan jajaran dengan Bu Suzi dari Dinas Pemakaman juga menyiapkan ambulans. Tidak hanya bagi pasien, tetapi juga bagi jenazah Covid-19," tegasnya lagi.

Baca juga : Gerindra Pastikan Kadernya Nggak Langgar Kode Etik

Selain itu, Riza mengatakan, Pemprov DKI Jakarta juga terus memberikan pelayanan terbaik dengan meningkatkan testing, tracing, dan treatment (3T) untuk penanganan dan pengendalian pandemi. Untuk itu, warga Jakarta juga harus terus disiplin protokol kesehatan.

"Bagi saya bukan lagi kecepatan atau baiknya fasilitas yang kami siapkan. Yang penting adalah menjaga di hulu. Memastikan agar tidak ada penularan, dengan cara seluruh warga melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin," imbaunya.

Wagub menambahkan, penyebaran Corona mengalami lonjakan signifikan. Dalam beberapa terakhir ini sudah mencapai di atas 9 ribu kasus positif per hari. Oleh karenanya, Riza meminta masyarakat Jakarta juga mengingatkan satu sama lain untuk mematuhi peraturan PPKM Mikro.

Baca juga : Bawaslu Pastikan Anak Buahnya Bakal Terbuka

"Tidak ada lagi pilihan lain seluruh warga, tetap berada di rumah, laksanakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Jangan anggap enteng, remeh, apalagi mengabaikan. Mari kita bergotong-royong, jangan ada lagi warga atau tempat, unit kegiatan usaha, yang tidak mematuhi pengetatan protokol kesehatan PPKM Mikro," tegas Riza.

Dia juga menuturkan selama ini Pemprov DKI terus meningkatkan kebutuhan dan fasilitas lainnya, seperti tempat tidur isolasi, ruang ICU, hingga tenaga kesehatan.

Kasus Covid-19 di DKI Jakarta terus melonjak antara lain akibat merebaknya varian Delta. Senin (28/6) kasus baru di DKI Jakarta mencapai 8.348, sehingga total kasus positif Covid-19 di Jakarta mencapai 528.409. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.