Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Data KPM Dibenahi, Menteri Risma Pastikan Bansos Cair 4 Januari

Jumat, 1 Januari 2021 13:30 WIB
Menteri Sosial, Tri Rismaharini
Menteri Sosial, Tri Rismaharini

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan penyaluran tiga program bantuan sosial, yakni Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST) akan dicairkan pada, 4 Januari 2021.

Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta jajarannya memastikan ketiga bansos dapat tersalurkan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Bansos ini sesuai arahan Pak  Presiden Jokowi. Minggu pertama Januari bantuan sudah bisa diberikan Kepada Penerima Manfaat (KPM),” kata Risma di Jakarta, Kamis (31/12).

Mensos mengaku, saat ini tengah melakukan koordinasi intensif untuk finalisasi data KPM dengan daerah.Kemensos sedang mendorong data dari pemerintah agar segera tuntas dikirimkan ke pusat.“Data KPM harus kembali ke Pemerintah Pusat tanggal 1 Januari,” ujarnya.

Baca juga : Menteri PUPR Minta Pembahasan Kebijakan Libatkan Asosiasi

Menteri dari PDI Perjuangan itu akan segera mencairkan bansos kepada KPM di daerah. Hal ini karena dana bansos berdampak signifikan terhadap perputaran roda perekonomian di daerah.

Misalkan, bansos sembako itu rata-rata 1 bulannya senilai Rp 3,76 triliun. Kalau dibagi 514 kabupaten/kota, kurang lebih ada sekitar Rp 60 miliaran di daerah.

“Ini berputar untuk pemenuhan kebutuhan permakanan, kebutuhan pokok. Jadi membantu perekonomian di daerah supaya tidak turun,” katanya.

Esk Walikota Surabaya ini menargetkan, bansos sudah diterima KPM, mulai 4 Januari 2021. “Kemensos akan bekerjasama dengan PT Pos Indonesia menyalurkan pada  4 Januari. Kita berharap satu minggu bisa kelar di seluruh Indonesia,” katanya.

Baca juga : Catat, Bansos Tunai Cair Awal Januari 2021

Namun untuk kawasan terluar, terpencil, dan tertinggal (3T), seperti sebagian Papua, mungkin mekanismenya berbeda. 

Untuk program Kartu Sembako, BPNT akan menjangkau 18,8 juta KPM dengan indeks Rp 200 ribu per bulan KPM, pada  Januari hingga Desember 2021. 

Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek. Penyalurnya melalui PT. Pos dengan indeks bantuan Rp300 ribu per KPM selama 4 bulan, yaitu Januari, Februari, Maret, dan April.

Berikutnya, bansos PKH tahun 2021 ada 10 juta penerima manfaat dan penyalurnya adalah Bank Himbara.Penerima manfaat harus memenuhi komponen di antaranya ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lanjut usia.

Baca juga : Menteri Rangkap Jabatan Rawan Celakakan Partai

“Bantuan ini akan diberikan setiap 3 bulan sekali tahap pertama Januari, tahap kedua April, tahap ketiga Juli dan tahap ke empat Oktober 2021," kata Risma.

Terkait persiapan penyaluran bansos, pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap penggunaannya.Risma pun mewanti-wanti agar bantuan tidak untuk dibelikan rokok. Pemerintah menyiapkan alat yang bisa memantau pembelanjaan uang.[FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.