Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wasiat Ciputra: Wirausaha Tuntaskan Tiga Masalah Fundamental RI

Rabu, 27 November 2019 10:26 WIB
Wasiat Ciputra: Wirausaha Tuntaskan Tiga Masalah Fundamental RI

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak yang diwariskan mendiang Ciputra. Pengusaha bertitel Insinyur Teknik Arsitektur dari Institut Teknologi Bandung (ITB) itu tak hanya mewariskan aneka tips sukses ataupun kiat bisnis yang hebat, tetapi juga meninggalkan pesan kuat untuk berwirausaha.

Menurutnya, wirausaha merupakan kunci untuk memecahkan tiga masalah fundamental yang dihadapi Indonesia hingga saat ini: korupsi, pengangguran, dan kesenjangan sosial.

Baca juga : Pengusaha Jangan Ngarep Bisa Seperti Di Australia

"Indonesia sudah maju dalam segala bidang. Tapi masih ada yang jadi masalah, pertama korupsi, kedua pengangguran, dan ketiga kesenjangan sosial," ujar Ciputra di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, medio September 2017. ‎

Hal itu juga telah disampaikan langsung oleh Ciputra, kepada Presiden Jokowi. ‎"Saya berikan masukan ke Presiden, saya punya formula yang manjur untuk itu, yaitu entrepreneur. Kalau Indonesia jadi negara entrepreneur, pasti tiga hal itu akan berkurang," kata Ciputra pada September 2017.

Baca juga : Pancasila Harus Jadi Dasar Nilai Pembentukan Komunitas Masyarakat

"Kalau ekonomi kuat, korupsi tidak akan ada. Kalau jadi entrepreneur, mereka sudah tidak mau korupsi. Orang korupsi, karena mereka ingin menjadi kaya," imbuhnya.

Pria yang terlahir dengan nama Tjie Rjin Hoan pada 24 Agustus 1931 ini pun menunjukkan semangatnya, dalam menyebarkan virus wirausaha.

Baca juga : Atasi Karhutla di Riau, Pertamina Terjunkan Tim Operasi Darurat

Kiprah Ciputra dalam hal ini, diapresiasi oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Ia pun diganjar dua rekor kepada Ciputra. Yang satu sebagai wirausahawan peraih penghargaan terbanyak di berbagai bidang. Satunya lagi, penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan kepada dosen terbanyak.

Ciputra melalui Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC), telah memberikan pelatihan entrepreneurship kepada setidaknya 1.600 dosen. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.