Dark/Light Mode

Tinjau Pabrik Pengisian Oksigen, Anies Pastikan Pasokan Untuk RS Cukup

Rabu, 7 Juli 2021 17:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau pabrik pengisian tabung oksigen di Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (7/7). (Foto: PPID DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau pabrik pengisian tabung oksigen di Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (7/7). (Foto: PPID DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengerahkan berbagai upaya untuk memastikan kecukupan pasokan tabung oksigen untuk Rumah Sakit (RS) di Ibu Kota.

Di antaranya, menyediakan isi ulang tabung oksigen gratis di Monumen Nasional (Monas) dan mempercepat alur distribusi tabung oksigen dengan mengerahkan seluruh sumber daya.

Untuk melihat langsung proses distribusi tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi ke salah satu pabrik pengisian oksigen di Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (7/7).

Baca juga : Selidiki Kelangkaan Obat Dan Oksigen, Kejati DKI Lakukan Operasi Intelijen

"Di sini biasa digunakan untuk kebutuhan industri dan kebutuhan medis. Tapi, selama masa krisis pandemi di Jakarta ini, 100 persen digunakan untuk kegiatan medis," tegas Gubernur Anies usai peninjauan.

Gubernur juga mengungkapkan, salah satu permasalahan terkait distribusi tabung oksigen adalah terkait personel. Kata Anies, banyak petugas yang kelelahan karena pengisian dan pengangkutan oksigen nonstop akibat kebutuhan yang melonjak.

Karenanya, Anies membuka kesempatan kolaborasi, salah satunya dengan Kodam Jaya, untuk mengangkut tabung oksigen di pabrik pengisian tabung oksigen Pulogadung.

Baca juga : PPKM Darurat, Erick Pastikan Pasokan Listrik Aman

"Lalu, untuk tenaganya, karena jumlah yang harus diisi sangat banyak dan bekerja nonstop, dikerahkan pasukan dari Kodam Jaya untuk membantu pengisian. Karena tenaga dari sini sudah kelelahan bekerja. Ini satu pekerjaan yang harus dilakukan tanpa henti, karena memiliki konsekuensi pada pasokan oksigen di rumah sakit," jelasnya.

"Kami ingin pastikan kepada semua, bahwa di dalam kondisi yang meningkat permintaannya. Kami melakukan semua yang bisa dikerjakan untuk memastikan pasokan terjamin," tandasnya.

Selain melakukan peninjauan, Anies juga memastikan akan terus membangun kolaborasi dan koordinasi dengan perusahaan lain serupa yang terkait dengan tabung oksigen.

Baca juga : Bantu Penyaluran Oksigen, Dinas Bina Marga DKI Kerahkan 4 Truk

"Jadi, kami sudah koordinasi dengan perusahaan-perusahaan pengisian tabung oksigen sejak dua pekan lalu. Alhamdulillah berjalan lancar. Semoga ke depan terus berjalan baik," harapnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.