Dark/Light Mode

5 Juta Warga Ibu Kota Sudah Disuntuik

Kerahin 16 Mobil Vaksin, Anies Pede Capai Target

Jumat, 9 Juli 2021 06:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) berdialog dengan tenaga kesehatan dari TNI saat peluncuran mobil vaksin Covid-19 di kompleks Balai Kota, Jakarta, Kamis (8/7/2021). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) berdialog dengan tenaga kesehatan dari TNI saat peluncuran mobil vaksin Covid-19 di kompleks Balai Kota, Jakarta, Kamis (8/7/2021). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya mengejar target untuk mencapai vaksinasi 8 juta warga pada bulan depan. Terobosan barunya, kini menyebar 16 mobil vaksin keliling untuk memperluas cakupan.

16 mobil vaksin keliling itu terdiri dari, 3 mobil dari Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, 3 dari Kodam Jaya, 2 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), 5 dari DKI Jakarta, dan 3 dari PT Magenta Media Tama. Sementara dari pelaku usaha memberikan kontribusi berupa pengerahan tenaga kesehatan dan relawan untuk membantu vaksinasi keliling itu.

“Ini hasil kolaborasi Jakarta Experience Board dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Kamar Dagang dan Industri (Kadin), tenaga relawan,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kemarin.

Baca juga : Anies Luncurkan 16 Mobil Vaksin Keliling, Pede Target Jokowi Tercapai

Anies sudah menjajal operasional mobil vaksin keliling tersebut di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (7/7). Dia didampingi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji beserta jajarannya.

Mobil vaksinasi yang ditumpangi Anies merupakan kendaraan dengan jenis commercial vehicle berjenis microbus dengan kapasitas 12 seater.

Namun, sudah dimodifikasi untuk memudahkan operasional vaksinasi.

Baca juga : Asuh Inter Milan, Inzaghi Pede Jaga Scudetto

Dalam pelaksanaannya, petugas Kesehatan melayani vaksinasi di dalam kendaraan. Sebelum vaksinasi, pendataan dan pemeriksaan kesehatan penerima vaksin, dilakukan di luar kendaraan. Untuk menambah kenyamanan calon penerima vaksin, petugas memasang kanopi atau semacam tenda kecil di salah satu sisi mobil.

Anies optimistis pengoperasian mobil vaksin keliling ini dapat membantu memenuhi target vaksinasi 8 juta warga sampai akhir Agustus.

“Per Rabu (7/7), sebanyak 5 juta orang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama di Jakarta,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.