Dark/Light Mode

Menpora Ingin Teknologi VAR Diterapkan Di Indonesia

Minggu, 3 Maret 2019 20:36 WIB
Menpora Imam Nahrawi mengunjungi Bandung Premier League (BPL) yang kompetisinya sudah menggunakan teknologi VAR  di Inspire Arena, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Minggu (3/3) sore. (Foto : kemenpora)
Menpora Imam Nahrawi mengunjungi Bandung Premier League (BPL) yang kompetisinya sudah menggunakan teknologi VAR di Inspire Arena, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Minggu (3/3) sore. (Foto : kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Teknologi VAR (Video Assistant Referee) dalam sepakbola mulai diterapkan saat Piala Dunia 2018. Berharap teknologi itu meningkatan kepercayaan kepada wasit, Menpora Imam Nahrawi ingin alat itu dipakai di liga Indonesia.

Hal itu dikatakan Imam saat berkunjung ke Liga Sepakbola Bandung atau Bandung Premier League (BPL), di Inspire Arena, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Minggu (3/3) sore.

BPL selama ini dikenal sudah menggunakan teknologi tersebut. CEO BLP Doni Setiabudi menjelaskan, teknologi VAR membantu wasit dalam mengambil sebuah keputusan.

Baca juga : Kabupaten Serang Ditetapkan Sebagai Wisata Syariah

Dikatakan Doni,  dampak penggunaan VAR seperti saat perhelatan akbar Piala Dunia sangat membantu wasit dalam menentukan putusan akibat keterbatasan penglihatan.

Sisi yang paling positif adalah seiring dengan kemajuan teknologi berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan manusia terhadap apa yang dihasilkan teknologi tersebut.

"Dampak yang paling kita rasakan adalah dengan VAR tingkat keributan atas putusan wasit turun drastis 85-90%, karena rata-rata para pemain tidak protes jika wasit putuskan sesuatu krusial dengan melihat VAR, artinya ada kepercayaan," jelas Doni atau biasa diasapa Jalu.

Baca juga : Arus Logistik Di Jakarta Bisa Tembus Rp 330 Miliar/Tahun

Selain itu, keberanian BPL memakai VAR karena harganya hanya Rp 25 juta rupiah. Penggunaan dan penerapan teknologi juga merupakan ciri peradaban maju suatu bangsa.

"Ternyata VAR murah, hanya 25 juta, tetapi akurasinya membuat tingkat kepercayaan semua pihak terhadap putusan wasit sangat tinggi, saatnya semua liga di Indonesia pakai VAR," kata Menpora usai mendengarkan laporan di Ruang Kontrol VAR di pinggir lapangan.

"VAR sangat membantu kami dan kepercayaan terhadap akurasi tinggi sehingga apapun yang diputuskan dapat diterima," kata Purwato, salah seorang wasit pertandingan di BLP menjelaskan kepada Imam Nahrawi. [IPL]

Baca juga : Menpora: Doakan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.