Dark/Light Mode

Anies: Pelonggaran Dijalankan Bertahap, Yang Penting Vaksin Dulu

Sabtu, 31 Juli 2021 19:53 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau kegiatan vaksinasi, yang bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Polda Metro Jakarta Raya, dan Kodam V Jayakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau kegiatan vaksinasi, yang bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Polda Metro Jakarta Raya, dan Kodam V Jayakarta

 Sebelumnya 
Bagi warga yang baru sembuh dari Covid-19 dan belum bisa ikut vaksin, tetap akan ada ketentuannya.

Cukup bawa surat dari fasilitas kesehatan, yang membuktikan bahwa penyintas Covid-19.

Baca juga : Angkasa Pura I Salurkan Paket Sembako Ke Gerai Vaksinasi di PPI Curug

Ketentuan ini juga berlaku bagi kelompok yang belum bisa vaksin karena kondisi kesehatan tertentu. Cukup membawa surat keterangan dokter dari fasilitas kesehatan, sebagai buktinya.

Gubernur Anies menekankan agar warga tidak menghindari divaksin, tidak memalsukan bukti, maupun berbohong, karena pihaknya akan menyiapkan berbagai antisipasi untuk hal tersebut.

Baca juga : 35 Persen Karyawan Dirumahkan, Ini Penjelasan Lion Air Group

Karena, sudah jelas bahwa vaksin itu aman, dan menurunkan risiko kematian. Sudah begitu, mendapatkan vaksin itu sangat mudah, serta gratis. Terus-menerus menghindari vaksin, justru merugikan diri sendiri.

"Jadi, mengapa kewajiban vaksin itu juga ada sebelum kegiatan dimulai? Karena potensi penularan tetap ada, dan kita ingin melindungi. Artinya, kalau ada kegiatan dan tetap tertular, Insya Allah risikonya kecil untuk terjadi kasus berat. Apalagi fatalitas,” tutur Anies.

Baca juga : Usung Gaya Eropa, Diamondland Group Luncurkan Hunian Anyar Di Jaksel

Anies mengajak kepada semua warga yang belum vaksin untuk menyegerakan vaksin. Caranya, bisa mendaftar melalui aplikasi JAKI, atau bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Jadi, siap-siap dari sekarang yang sudah mau memulai kegiatan. Mulainya dengan memastikan vaksinasi dilakukan," pungkas Anies. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.