Dark/Light Mode

Harimau Pun Kena Corona

Senin, 2 Agustus 2021 07:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Harimau Sumatera yang terpapar Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (1/8/2021). Ada 2 harimau yang terpapar Covid-19. Anies memastikan, dua harimau yang diberi nama Hari dan Tino itu, dalam kondisi baik. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Harimau Sumatera yang terpapar Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (1/8/2021). Ada 2 harimau yang terpapar Covid-19. Anies memastikan, dua harimau yang diberi nama Hari dan Tino itu, dalam kondisi baik. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

 Sebelumnya 
Dalam unggahan itu, Anies membuat narasi dengan sedikit guyon. "Dua warga DKI, Hari dan Tino, terpapar Covid. Tidak ada pilihan. Mereka harus isolasi. Diputuskan untuk isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Pasokan makanan dan obat dicukupi selama isolasi dan proses penyembuhan," tulis Anies.

Kabar harimau terpapar Corona memang menjadi perhatian Anies. Kemarin, setelah berkeliling ke enam lokasi vaksinasi, Anies mampir ke Ragunan. Menjenguk pasien Corona yang terbilang unik.

Baca juga : Menaker Minta P2K3 Ikut Bantu Kendalikan Pandemi

Anies menyebut, perawat satwa di Ragunan bertindak cepat. Mereka memanggil petugas swab paling berani sedunia untuk mencolok hidung Hari dan Tino demi diambil sampel. Berdasarkan hasil tes swab tersebut, Tino positif dengan CT N1 27,51 dan CT N2 27,68. Sementara Hari positif dengan CT N1 24,30 dan CT N2 24.23.

"Catatan: foto dan surat hasil tes PCR diunggah sudah atas persetujuan Hari dan Tino," ungkap Anies, bercanda.

Baca juga : Hantu Varian Baru

Menurutnya, kasus satwa terkena Corona, terutama harimau dan singa, tidak unik. Pasalnya, banyak kasus serupa di berbagai negara lain. Tentu perawatan satwa terpapar Corona tidak sama dengan manusia. Saat ini, kondisi Hari dan Tino berangsur pulih dan sudah tampak aktif.

Warganet yang mengetahui informasi tersebut, bikin ramai dunia maya. Ada yang menanyakan bagaimana cara petugas nyolok hidungnya. "Gimana cara PCR test-nya ya?" tanya @ajul2707. "Orang yang swab antigennya hebat," timpal @yopytanu.

Baca juga : Pengamat Puji BUMN Gercep Tangani Pandemi Corona

Ada juga yang mengomentari lokasi isolasi mandiri dua harimau itu. "Padahal kalau diisolasi di Wisma Atlet, bisa mengurangi jumlah yang positif corona," cuit @irhuzm.

Tidak sedikit juga yang menyesalkan Hari dan Tino diisolasi di Ragunan. "Di hotel bersama DPR bisakah Pak? Please bisa ya Pak," kata @ady_faisol. "Kalau bisa, barengin koruptor aja Pak. Satu kamar, misah tempat tidur nggak apa-apa," canda @nelsonpayo. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.